TEKNOLOGI ROBOT INDONESIA

Robot memiliki kegunaan untuk menggantikan kerja manusia yang membutuhkan ketelitian yang tinggi atau resiko yang sangat besar dan bahkan mengancam keselamatan manusia. ditengah perkembangan teknologi robot dunia, Indonesia juga terus mengembangkan teknologi robot dalam negeri hingga mengadakan pendidikan robot pada anak usia dini.

robot pernah digunakan kepolisian terutama Densus 88 anti teror dalam operasi penyergapan teroris (Noordin M Top) di desa Beiji, Temanggung, Jawa Tengah. Robot ini menggunakan kamera dan dapat bergerak lincah dengan nir kabel. robot ini sangat penting digunakan Densus 88 dalammenentukan langkah selanjutnya. robot produksi departemen Ristek, ITS, LIPI dan PT.Pindad ini digunakan untuk mengetahui medan terlebih dahulu.

Jayanto dan Erick Nobel siswa kelas 3 SMP Penabur Jakarta telah berhasil menciptakan robot yang berfungsi menggnatikan manusia dalam olimpiade tembak atau menjadi alat anti teroris ataupun digunakan saat perang. bahan baku robot ini berasal dari dalamnegeri hanya saja IC driver harus diimport dari Singapura. robot ini memiliki torsi yang besar sehingga dapat bergerak lincah dan da[at dikendalikan dalam jarak jauh sekitar 200-300 meter. pembuatan robot ini butuh waktu satu tahun dan sempat mengalami 6-7 kali kegaggalan. robot karya anak bangsa ini berhasil mendaopatkan medali emas dalam kontes robot dunia yang diselenggarakan di Singapura.