TEKNOLOGI ROBOT INDONESIA

October 11th, 2010

Robot memiliki kegunaan untuk menggantikan kerja manusia yang membutuhkan ketelitian yang tinggi atau resiko yang sangat besar dan bahkan mengancam keselamatan manusia. ditengah perkembangan teknologi robot dunia, Indonesia juga terus mengembangkan teknologi robot dalam negeri hingga mengadakan pendidikan robot pada anak usia dini.

robot pernah digunakan kepolisian terutama Densus 88 anti teror dalam operasi penyergapan teroris (Noordin M Top) di desa Beiji, Temanggung, Jawa Tengah. Robot ini menggunakan kamera dan dapat bergerak lincah dengan nir kabel. robot ini sangat penting digunakan Densus 88 dalammenentukan langkah selanjutnya. robot produksi departemen Ristek, ITS, LIPI dan PT.Pindad ini digunakan untuk mengetahui medan terlebih dahulu.

Jayanto dan Erick Nobel siswa kelas 3 SMP Penabur Jakarta telah berhasil menciptakan robot yang berfungsi menggnatikan manusia dalam olimpiade tembak atau menjadi alat anti teroris ataupun digunakan saat perang. bahan baku robot ini berasal dari dalamnegeri hanya saja IC driver harus diimport dari Singapura. robot ini memiliki torsi yang besar sehingga dapat bergerak lincah dan da[at dikendalikan dalam jarak jauh sekitar 200-300 meter. pembuatan robot ini butuh waktu satu tahun dan sempat mengalami 6-7 kali kegaggalan. robot karya anak bangsa ini berhasil mendaopatkan medali emas dalam kontes robot dunia yang diselenggarakan di Singapura.

PROSPEK INDUSTRI GAME

October 9th, 2010

Perkembangan industri game di Indonesia sudah sangat semarak dan pesat. beberapa negara bahkan menjadikan industri kreatif games menjadi bagian yang penting dalam pertumbuhan ekonomi mereka. Industri game berdiri dalam waktu yang singkat. Hanya berusia 20 tahun dan telah menjadi sebuah industri yang besar didunia. Banyak orang beranggapan game berdampak negatif.

Salah satu tokoh legendaris dalam dunia game yakni Ian Livingstone yang menciptakan karakter Lara croft dalam tomb rider dan pembuat game terkenal yaitu Hitman. MenurutĀ  Livingstone game adalah hal yang positif karena dalam game kita akan belajar menyusun strategi, menyelesaikan masalah, pembelajaran intuisi, memilih konsekuensi.

potensi industri game dimasa depan dapat mendatangkan keuntungan bagi perkembangan ekonomi negara karena dapat menarik investor. oleh sebab itu harus ada dukungan dari pemerintah dan media untuk meningkatkan perkembangan game

PERKEMBANGAN ICT DI INDONESIA

October 7th, 2010

Kondisi Perkembangan Informatian and Communication Technology (ICT) di Indonesia masih berada pada tahap 1 atau tingkat bawah. Diharapkan pada tahun ini, ICT Indonesia berada pada tahap 3. Sehingga bisa menjadi masyarakat berbasis ICT pada tahun 2025. Saat ini, posisi tertinggi ICT yaitu pada peringkat 7 diduduki oleh negara-negara adidaya seperti Amerika Serikat, Inggris, Jepang, Kanada, Swedia dan Perancis.

Industri ICT Indonesia saat ini didominasi oleh industri software seperti sistem integrasi, navigasi dan jasa layanan. Peningkatan level ICT Indonesia pada tahun 2010 diperkirakan akan menonjol pada penyediaan infrastruktur komunikasi yang didominasi pada pertumbuhan seluler.

Agar level ICT Indonesia naik hingga level 3, beberapa cara yang harus dilakukan menurut Hidayat Tjokrodjojo adalah

1. harus diawali atau promoted secara top-down

2. pemerintah dan masyarakat harus menetapkan standarisasi, menganut prosedur kerja dengan sistem yang terstruktur

3. peninjauan kembali atas undang-undang perkembangan telematika yang kontra-produktif

4. diperluka riset, percobaan &prototyping serta pengembangan baru maupun pembaruan secara inovatif

5. pemerintah harus melakukan promotion


Sumber:

.:. e-life style. metro tv. Perkembangan ICT di Indonesia. Minggu, 26 september 2010

.:. Hidayat Tjokrodjojo. www.realta.co.id. Kunci Perkembangan ICT di Indonesia

Hello world!

October 5th, 2010

Selamat datang di Student Blogs. Ini adalah posting pertamaku!