Comments Off on 15 Tipe Tanaman Hias yang Pas untuk Percantik Teras Rumah

15 Tipe Tanaman Hias yang Pas untuk Percantik Teras Rumah

2022
05.20

15 Tipe Tanaman Hias yang Pas untuk Percantik Teras Rumah – Hoby apa yang kerap Anda jalani saat ada di rumah?

Salah satunya hoby membahagiakan yang digemari beberapa orang semenjak wabah berjalan ialah bercocok tanam. Menjaga tanaman hias tidak cuma membuat Anda berasa santai tapi bisa juga percantik situasi rumah. Beberapa jenis tanaman hias juga bermacam hingga Anda bebas pilih berdasar ketertarikan, ukuran, atau faedahnya.

Tidak boleh risau dahulu jika tempat rumah Anda termasuk sempit untuk bercocok tanam. Anda bisa mengakalinya dengan membuat vertical garden atau taman imut di teras rumah. Beberapa jenis tanaman hias berikut bisa percantik teras dan memberi kesan-kesan asri di dalam rumah Anda.

15 Tipe Tanaman Hias yang Pas untuk Percantik Teras Rumah

15 Tipe Tanaman Hias yang Pas untuk Percantik Teras Rumah

Tanaman Hias yang Pas untuk Percantik Teras Rumah

Lidah Mertua

Tanaman bernama latin Sansevieria benar-benar terkenal karena memiliki bentuk unik dan perawatannya benar-benar gampang. Berwarna juga bermacam, ada yang warna hijau tua dan ada juga yang warna hijaunya lebih muda dan diperlengkapi dialek kuning pada bagian pinggirnya. Anda tidak perlu menyiraminya tiap hari karena tanaman lidah mertua yang kelebihan air malah rawan membusuk. Tersebut penyebabnya tipe tanaman hias ini pas untuk Anda yang sering tinggalkan rumah sepanjang sekian hari, karena tidak mudah mati.

Scindapsus

Tipe tanaman rambat ini lebih dikenali dengan panggilan sirih gading. Ciri-ciri uniknya ialah wujud daun seperti daun sirih dengan dialek warna kuning dan hijau. Batangnya cukup tebal dan tidak gampang patah. Langkah menjaga Scindapsus relatif gampang hingga tidak mengambil alih banyak biaya dan waktu.

Rumput Swiss

Variasi rumput hias yang ini benar-benar mempesona karena teksturnya lembut dan performanya benar-benar elok. Anda harus menyempatkan lebih beberapa waktu untuk menjaga rumput ini karena rumput swiss dapat tumbuh optimal jika kelembapannya terbangun secara baik dan dikasih pupuk dengan teratur. Selain itu, Anda pun harus mengambili rumput liar disekelilingnya agar perkembangan rumput swiss tidak terusik.

Lipstick Plant

Bunga lipstik terlihat spesial karena memiliki bentuk yang memanjang dengan warna merah merekah, sama seperti lipstik. Berwarna yang menonjol benar-benar sangat unik dan mengundang perhatian. Langkah hidup lipstick plant serupa dengan anggrek, yakni melekat pada pohon besar dan batangnya dapat tumbuh menjalar. Anda harus mempunyai tempat tanam berbentuk pohon besar di teras rumah jika ingin memiara lipstick plant.

Sutra Bombai

Pernah menyaksikan tipe rumput yang hasilkan bunga beragam warna?

Sebetulnya tipe tanaman itu bukan rumput biasa, tetapi tipe perdu liar yang disebutkan sutra bombai. Berlainan dengan rumput biasa, sutra bombai dapat hasilkan bermacam bunga beragam warna yang merekah dari pagi sampai jam 2 siang. Proses perawatan sutra bombai tidak sulit dan daya tahannya tinggi sebab bisa bertahan di dalam semua cuaca.

Mandevilla

Meriah warna Mandevilla sering membuat orang tertarik menanamnya. Antara beberapa jenis tanaman hias yang lain, Mandevilla memang berkesan menonjol karena bunganya memiliki ukuran besar dan berwarna-warna. Warna bunga Mandevilla benar-benar variasi, dimulai dari putih, kuning, merah, sampai merah muda. Terkadang, sulur Mandevilla tidak langsung bisa menempel kuat pada pagar. Anda harus menyempatkan diri extra untuk mengikat sulurnya di pagar agar arah perkembangannya semakin teratur.

Morning Glory

Teras rumah yang tidak begitu luas pas dipadankan dengan tanaman morning glory. Tanaman ini mempunyai wujud tangkai yang ramping hingga tidak memunculkan kesan-kesan sempit. Bunga morning glory berwujud terompet dengan macam warna menarik, yakni putih, merah muda, biru keunguan, dan magenta. Perkembangan morning glory termasuk cepat jika sudah menyesuaikan dengan baik dengan lingkungannya. Oleh karenanya, seharusnya Anda menyempatkan lebih beberapa waktu untuk mengatur tanaman morning glory supaya penebarannya semakin teratur.

Bambu Rezeki

Tanaman hias selanjutnya yang pas lengkapi teras memiliki ukuran minimalis ialah bambu rezeki atau bambu peruntungan. Memiliki bentuk benar-benar unik karena memiliki ukuran imut seperti miniatur bambu. Konon, memiara bambu rezeki bisa datangkan peruntungan untuk pemilik rumah. Jika Anda ingin tanaman bambu rezeki kecintaan kelihatan menarik, tidak boleh malas memotong daunnya dengan teratur agar sisi batangnya bisa kelihatan secara jelas.

Bougainvillea

Bougainvillea terang bukan tanaman yang asing untuk pecinta flora. Tanaman rambat ini benar-benar disukai karena gampang dirawat dan cepat berbunga. Warna bunganya beragam macam, dimulai dari putih, merah, orange, sampai pink. Sisi berwarna-warna dari Bougenvillea sebetulnya sebagai daun yang alami proses modifikasi hingga berwarna lebih spesial dan berkesan seperti bunga.

Sirih

Beberapa orang menanam sirih karena faedahnya bagus untuk kesehatan. Apa lagi proses menanam sirih juga gampang tanpa memerlukan perawatan khusus. Anda dapat membuat minuman dari air rebusan sirih untuk tingkatkan stamina badan. Disamping itu, pohon sirih yang rimbun efisien memperbaiki nuansa teras rumah. Warna hijaunya yang pekat akan menganakemaskan mata dan perkuat kesan-kesan asri.

Sirih Merah

Bila Anda telah menanam sirih di teras, tidak ada kelirunya jika Anda pun menanam sirih merah. Performa sirih merah tidak kalah spesial karena warna daunnya yang kemerahan dengan urat-urat daun warna putih. Perawatannya termasuk ringkas dan sama dengan tanaman sirih biasa. Lakukan penyiraman 2x satu hari dan pemberian pupuk satu minggu sekali agar sirih merah tumbuh subur di teras rumah.

Flame of Irian (Melati Irian)

Keunikan Melati Irian ialah warna bunganya yang merah berpijar serupa kobaran api. Selainnya Melati Irian, tanaman rambat ini sering dikenali dengan panggilan Kuku Macan, Anggrek Irian, atau Bunga Api Irian. Bila dirawat secara intens, Melati Irian akan hasilkan banyak bunga yang percantik teras rumah Anda.

Dollar Plant

Tanaman hias dollar dicintai karena wujud daunnya yang unik dan akarnya kuat. Seharusnya Anda mempersiapkan dinding teras dengan finising kasar jika ingin menanam tanaman rambat ini. Selainnya wujud daunnya yang unik, dollar plant mempunyai bunga menarik warna putih. Karakter daunnya yang rimbun pas untuk mempersejuk teras rumah.

Coral Vine (Air Mata Pengantin)

Tanaman Air Mata Pengantin tidak kalah disukai di Indonesia sebagai percantik teras rumah. Wujud bunganya unik dan berwarna beri kesegaran mata. Dan daunnya cukup seperti daun sirih karena memiliki bentuk sama lebar. Tanaman air mata pengantin yang dipakai untuk pemanis tempat tinggal benar-benar pas dipadankan dengan design teras berpenampilan oriental.

Fortunella (Buah Kumkuat)

Jika Anda ingin menjaga tanaman buah di teras, ada Fortunella atau buah kumkuat yang bisa saja jalan keluarnya. Di Indonesia, buah kumkuat dikenali bernama jeruk kalamansi. Ukuran pohonnya lebih pendek dibanding tipe pohon jeruk lain tapi dapat hasilkan buah dengan jumlah banyak. Antiknya kembali, tanaman ini tidak cuma berperan untuk mempersejuk teras rumah karena rupanya buahnya bisa juga dikonsumsi.

Tags: ,