Comments Off on Mengenal Lebih Dekat Apa Itu Metaverse dan Cara Kerjanya

Mengenal Lebih Dekat Apa Itu Metaverse dan Cara Kerjanya

2022
05.06

Mengenal Lebih Dekat Apa Itu Metaverse dan Cara Kerjanya – Istilah metaverse semakin digaungkan akhir-akhir ini. Lebih-lebih, metaverse digadang-gadang punya potensi untuk mengubah cara kami lakukan aktivitas sehari-hari, layaknya berbelanja, mengunjungi teman, berjejaring, lebih-lebih melaksanakan usaha. Kemudian apa itu metaverse? Bagaimana cara kerjanya dan apa saja yang dapat dilakukannya? Apakah metaverse dapat mengubah cara kami merintis hidup dan bersosialisasi?

Mengenal Lebih Dekat Apa Itu Metaverse dan Cara Kerjanya

Mengenal Lebih Dekat Apa Itu Metaverse dan Cara Kerjanya

Mengenal Lebih Jauh Apa itu Metaverse

Akhir-Akhir ini istilah metaverse atau meta kerap diperbincangkan, bahkan semenjak Mark Zuckerberg mengganti nama corporate orang tua Facebook jadi Meta demi menjajal potensi metaverse secara optimal. Tapi istilah metaverse tidak ditemukan oleh pengusaha kenamaan itu. Klarifikasi mengenai apa itu metaverse sebenarnya sudah tersedia semenjak tahun 1992. Konsep metaverse diciptakan oleh seorang novelis fiksi ilmiah bernama Neal Stephenson dan digunakan dalam karyanya berjudul Snow Crash. Tokoh dalam novel itu diceritakan bisa memasuki metaverse dengan mengenakan avatar mereka. Dapat dibilang di novel itu metaverse digunakan sebagai pelarian dari dunia yang suram dan penuh keserakahan.

Terhadap kenyataannya konsep metaverse pun sebenarnya tidak asing kembali di dunia teknologi, terutama di industri game berbasis RPG atau permainan peran. Tiap-tiap bermain game, Kamu akan memasuki dunia virtual dan bermain segera dengan cii-ciri atau pemain lain. Hal itu merupakan salah satu konsep dari metaverse. Kamu bisa tahu konsep apa itu metaverse lewat game layaknya Minecraft, Roblox, dan Fortnite. Lebih-lebih aplikasi layaknya Zoom atau Microsoft Teams merupakan bentuk metaverse di mana sekelompok orang berinteraksi lewat dunia virtual. Tak hanya itu, para futuris juga memakai istilah metaverse selama bertahun-tahun guna menggambarkan bagaimana seseorang sanggup mengakses lewat dunia digital di jaman depan.

Sementara ini definisi apa itu metaverse masih belum diterima secara universal meski beberapa pihak sudah mencoba untuk menggambarkannya. Matthew Ball penulis Metaverse Utama, misalnya, mendefinisikan ini sebagai “Jaringan luas dari dunia 3d dan simulasi yang diberikan secara real time dan persisten yang menunjang kontinuitas bukti diri, objek, sejarah, pembayaran, dan hak, dan sanggup dialami secara serempak oleh jumlah pengguna yang tidak terbatas.”

Selagi itu, Facebook mendefinisikan apa itu metaverse sebagai seperangkat ruang virtual yang bisa dibuat dan dijelajahi dengan orang lain yang berada di daerah berbeda. Singkatnya, metaverse adalah dunia internet yang hadir dalam bentuk virtual dan 3d. Di dalamnya, Kamu sanggup berbelanja, berinteraksi, berbisnis, bermain game, dan bekerja.

Bagaimana Cara Kerja Metaverse?

Sehabis memahami apa itu metaverse, saatnya Kamu jelas bagaimana cara kerja konsep teknologi futuristik ini. Supaya bisa menjelajahi metaverse, Kamu memerlukan dukungan teknologi tambahan layaknya kacamata augmented reality, headset virtual reality, dan aplikasi spesifik yang terpasang dalam smartphone atau perangkat elektronik lainnya. Dengan mengenakan perangkat itu, Kamu bisa menjelajahi metaverse untuk:

Nonton Konser Virtual

Kamu dapat saksikan beragam konser virtual yang digelar di metaverse. Konsepnya tidak jauh berbeda dari lihat konser secara segera. Sekedar saja konser ini disajikan dalam bentuk virtual atau 3d dengan dukungan teknologi. Kamu juga konsisten mampu merasakan kondisi autentik nonton konser layaknya di dunia konkret, menjadi tidak kudu risi acara konser itu akan berkurang keseruannya.

Berbelanja

Dalam metaverse, Kamu juga mampu berbelanja salah satunya membeli sandang atau karya seni. Nah, platform jual beli karya seni sudah hadir dalam bentuk aset digital yang dikenal dengan NFT atau non-fungible token. Nantinya Kamu dapat membeli hak kepemilikan sebuah karya seni dari corporate atau artis. Tak sekedar itu Kamu pun sanggup membeli sandang yang akan digunakan oleh avatar Kamu dan mampu ditampilkan di akun media sosial. Nah, konsep pembelian sandang ini dikenal sebagai digital fashion dan sudah diterapkan oleh brand fashion ternama layaknya Gucci.

Main Game

Konsep apa itu metaverse sudah diterapkan oleh corporate game ternama Epic Games lewat salah satu game populer yang dibesutnya layaknya Fortnite. Untuk bermain game dalam metaverse, Kamu memerlukan teknologi spesifik layaknya headset Vr.

Bekerja

Menurut Cnbc, dengan mengerti apa itu metaverse, para pekerja sanggup memanfaatkannya untuk bekerja, khususnya selagi mereka work from home di sedang pandemi Covid-19 layaknya sekarang ini. Lewat metaverse, Kamu tidak sebatas bisa berinteraksi layaknya dalam aplikasi meeting online, tetapi juga bergabung dengan rekan kerja di kantor virtual metaverse. Facebook sendiri udah menerapkan konsep ini dengan menghadirkan software meeting berbasis metaverse yang disebut Horizon Workrooms.

Berteleportasi

Siapa sih yang tidak idamkan mempunyai kemampuan berpindah dari satu daerah ke area lain dengan sekejap? Hal ini kabarnya mampu diwujudkan lewat metaverse, lho! Nantinya, para pengguna metaverse akan punyai kemampuan berteleportasi dari satu pengalaman ke pengalaman lainnya secara virtual. Ini jadi bisa saja berjalan dikarenakan banyak corporate yang berlomba-lomba mencari cara untuk menghubungkan satu sistem ke sistem lainnya dalam metaverse.

Tags: ,