Comments Off on 5 Rekomendasi Drama Korea dengan Tema Trauma Healing

5 Rekomendasi Drama Korea dengan Tema Trauma Healing

2022
02.08

5 Rekomendasi Drama Korea dengan Tema Trauma Healing – Di saat pandemi ini gue merasa amat jemu terkecuali sebatas lakukan kesibukan di didalam tempat tinggal secara konsisten-menerus. Namun akhir-akhir ini, kejenuhan tersebut sanggup diatasi dengan bermacam cara ampuh versi gue, salah satunya dengan lihat drama korea alias drakoran di Netflix.

Dengan memirsa, gue sendiri merasa capek dan bosan tersebut mampu hilang secara cepat. Lebih-lebih jikalau pemain dari drama korea yang tengah ditonton adalah pemain favorit atau bias gue. Makin seru aja gak, sih?

Gue juga telah tak terhitung nonton drama korea selama pandemi ini, mulai dari drama korea yang ber-aliran mengsedih banget, cinta-cintaan, hingga yang ceritanya terbilang traumatis. Nah untuk yang aliran paling akhir ini, gue rasa akan berhubungan dengan tema kami terhadap artikel kali ini, yaitu trauma healing.

Untuk lo yang belum tau perihal trauma healing, yuk simak bareng-bareng penjelasannya!

Menghilangkan bayang-bayang kejadian yang sebabkan trauma bukanlah hal yang mudah. Tetapi tersedia lho, kiat-kiat untuk menyembuhkannya, yaitu dengan trauma healing.

Trauma healing adalah proses penyembuhan sehabis trauma yang dilaksanakan supaya seseorang dapat konsisten melanjutkan hidup tanpa bayang-bayang kejadian di jaman lalu. Hal ini sering kali berlangsung terhadap usia anak-anak hingga remaja yang diakibatkan oleh pengalaman traumatis eksklusif.

5 Rekomendasi Drama Korea dengan Tema Trauma Healing

5 Rekomendasi Drama Korea dengan Tema Trauma Healing

Nah berhubung di awal gue menceritakan terkait film dan drama korea, gak afdol kecuali gue gak ngasih rekomendasi drama korea perihal trauma healing yang sudah gue tonton sebelumnya.

1. Hometown Cha-Cha-Cha

Hometown Cha-Cha-Cha adalah drama lawak asal korea yang tayang terhadap tahun 2021. Serial ini bercerita mengenai seorang dokter gigi perfeksionis, Yoon Hye Jin yang terhubung kliniknya sendiri di desa terpencil bernama Gongjin. Sesudah itu, ia bertemu dengan Doo Sik alias Hong Ban Jang yang punya jiwa semangat bekerja (Hustle Culture).

Berasal dari situ, kisah drama antara mereka dan warga Gongjin pun berlanjut. Nah, namun tau gak sih, jikalau serial ini juga membahas terkait trauma healing yang dialami oleh Doo Sik?

Terhadap episode ketiga, lo akan diberi petunjuk terkait trauma era lalu Doo Sik dengan melihatkan dirinya mengikuti sesi konsultasi di Seoul. Doo Sik juga aktif meminum resep obat sebagai penenang rasa traumanya.

Berasal dari konsultasinya di episode sembilan, psikiater mendukung Doo Sik untuk menghadapi akar ketakutannya selama ini. Psikiater juga mengatakan bahwa terdapat pertumbuhan positif pada trauma yang dialaminya supaya sedikit demi sedikit Doo Sik sanggup turunkan dosis obatnya.

2. Kill Me, Heal Me

Kill Me, Heal Me adalah drama bergenre psikologi rahasia bertemakan kesegaran mental. Serial drama ini dibintangi oleh Ji Sung (Cha Do Hyun), Hwang Jung Eum (Oh Ri Jin), dan Park Seo Joon (Oh Ri On).

Serial yang berjumlah 20 episode ini membahas perihal Cha Do Hyun yang menderita kepribadian ganda implikasi momen traumatis terhadap era kecilnya.

Cha Do Hyun kelanjutannya bertemu Ri Jin yang diminta untuk jadi dokter pribadinya. Lantas, Ri Jin mulai jalankan trauma healing dengan cara menunjang memecahkan kasus yang dialami Cha Do Hyun satu demi satu, terutama terhadap pemicu trauma yang berkepanjangannya.

Sesudah sebagian episode, diketahui traumanya berasal dari dampak kekerasan psikis ketika kecil yang memicu adanya rasa kecewa kepada orang tuanya, takut penolakan, dan sakit hati yang diterimanya.

Menurut American Academy of Child & Adolescent Psychiatry, tersedia sebagian gejala spesifik trauma terhadap anak. Sebagian di antaranya adalah reaksi emosional yang hiperbola, kehilangan minat terhadap kegiatan, dan peningkatan kewaspadaan yang utamanya terhadap pengalaman traumatis.

3. It’S Okay, That’S Love

Drama korea yang satu ini bercerita berkaitan kisah cinta antara psikiater dan penulis yang diperankan oleh Gong Hyo Jin (Ji Hae Soo) dan Jo In Sung (Jae Yeol). Namun, kisah drama cinta mereka mengalami beragam tantangan ketika keduanya diceritakan mirip-mirip mengalami gangguan mental.

Jae Yeol sendiri mengidap gangguan obsesif-kompulsif (Ocd). Sedangkan, Ji Hae Soo mengalami trauma berat di jaman kecilnya. Hal ini disebabkan sebab pernah ia dulu melihat perselingkuhan ibunya yang membawa dampak ia sulit untuk menjalin interaksi selagi dewasa.

Singkat cerita, mereka yang tinggal satu atap tersebut lantas saling mempunyai perasaan satu mirip lain. Yang menariknya, diperlihatkan juga kedua pasangan ini saling menyembuhkan penyakit gangguan mentalnya bersamaan pas terjadi.

4. You Are My Spring

Terjebak di jaman lalu memang gak menggunakan untuk kami, terutama ketika terjebak terhadap momen traumatis. Nah, hal ini pula yang jadi topik primer terhadap serial You Are My Spring.

Serial ini baru saja tayang terhadap Agustus tahun 2021 dengan dibintangi aktor ternama layaknya Kang Da Jeong (Seo Hyun Jin) dan Ju Yeong Do (Kim Dong Wook).

Kisahnya di dalam serial drama ini menceritakan terkait Ju Young Do yang sudah mengalami trauma gara-gara gak mampu nyelamatin kakaknya di jaman lalu. Namun, traumanya itu gak membawa dampak ia jadi patah semangat, malah ia semakin idamkan bertekad untuk menyelamatkan orang lain yang ia tengah tangani.

Dilansir Soompi, oenulis naskah serial ini yaitu Lee Min Na mengatakan bahwa hadirnya drama korea ini penting tersedia sesuatu hal yang hangat dan menyembuhkan di selagi musim semi tiba, terutama bertujuan untuk menyembuhkan orang-orang yang punyai trauma era lalu. Ia juga mengharapkan dengan adanya film ini, lo dapat semakin jelas tumbuh sebagai orang dewasa.

Maka dari tersebut, drama korea ini berlimpah mempunyai kandungan pesan positif dikarenakan bisa membuktikan proses penyembuhan trauma atau trauma healing yang sanggup lo pelajari ke depannya.

5. It’S Okay to Not Be Okay

Siapa sih, yang gak kenal Kim Soo Hyun? Tersebut lho, aktor yang dulu digadang-gadang punyai bayaran termahal!

Nah kali ini, ia memainkan peran sebagai Moon Kang Tae (Diperankan Kim Soo Hyun) didalam serial It’S Okay to Not Be Okay. Selagi lawan mainnya adalah Ko Moon Young (Seo Ye Ji) yang juga udah miliki tak terhitung jam terbang.

Terhadap episode awal, diceritakan trauma era lalu yang sudah dialami oleh masing-masing pemerannya. Salah satunya menceritakan kakak Kang Tae yang punyai trauma dengan kupu-kupu. Hal ini berjalan dikarenakan ia masih mengingat momen pembunuhan ibunya sementara pernah yang mana pembunuhnya kebetulan mengenakan pin kupu-kupu.

Begitu pula Moon Kang Tae yang mengalami trauma juga sampai berdampak terhadap kondisinya kala ini. Namun bersamaan sementara berlangsung, ia semakin jelas bahwa ia mesti suka dan mulai melaksanakan trauma healing dengan cara pelan-pelan terima suasana di era silamnya.

Segudang pesan yang mampu diambil didalam serial It’S Okay to Not Be Okay. Salah satunya dengan menambahkan pesan bahwa kalau lo mengidamkan sembuh dari trauma yang tengah dialami, pasti prosesnya bertahap dan memadai memakan selagi yang lama. Paling akhir, drakor ini juga drama ini menambahkan pembelajaran cara untuk melatih mengendalikan emosi dan psikologis kami.

Tags: ,