Expo Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia 2016



Filed under : Uncategorized

Salam hangat, Para Pengusaha Muda!

Expo Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (Expo KMI) merupakan acara di bawah naungan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Ristekdikti). Pada awal diadakannya tahun 2010 di Politeknik Negeri Manado, event ini bernama Expo Program Mahasiswa Wirausaha (PMW). Namun, pada tahun 2014 event Expo PMW berganti nama menjadi Expo KMI yang berlangsung di Politeknik Negeri Jember. Event ini bertujuan untuk menumbuhkan dan mengembangkan jiwa wirausaha pada kalangan mahasiswa.

Dalam event Expo KMI mahasiswa universitas di seluruh Indonesia berkumpul memamerkan produk-produk wirausaha, promosi, membangun jaringan usaha, bertukar ide bisnis kreatif, sharing dengan wirausahawan sukses, dan ajang untuk mengembangkan semangat kewirausahaan.

Untuk tuan rumah acara Expo KMI sendiri dari tahun ke tahun ialah:

1. Politeknik Negeri Manado (2010)

2. Politeknik Negeri Malang (2011)

3. Politeknik Negeri Semarang (2012)

4. Politeknik Negeri Payakumbuh (2013)

5. Politeknik Negeri Jember (2014)

6. Politeknik Negeri Ambon (2015)

Dan pada tahun ini Universitas Brawijaya Malang, akan menjadi tuan rumah penyelenggara event “Expo Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia ke-7 Tahun 2016” dengan tema “TECHNOPRENEUR” pada 16 hingga 19 november 2016

Berikut ini adalah review 10 stand menarik versi saya di event kewirausahaan mahasiswa TERBESAR Se- Indonesia:

1. Politeknik Negeri Media Kreatif Jakarta

 1479479369876

          Pada stand milik Politeknik Negeri Media Kreatif Jakarta memamerkan karya-karya mereka yang berhubungan dengan IT dan desain grafik. Mereka menciptakan sebuah game perang seperti Point Blank tetapi berlatarbelakang sekitar kampus mereka sendiri. Jadi terasa nyata bahwa pemain bermain tembak-tembakan/perang di kampus mereka sendiri. Selain itu, mereka juga menciptakan beberapa desain baju, karikatur, video, aplikasi, dan lain-lain sesuai dari pesanan konsumen.

2. Institut Teknologi Kalimantan

 1479479354021

          Pada stand Institut Teknologi Kalimantan, mereka memamerkan program yang mereka ciptakan berupa pembelian sayur-sayuran secara online. Konsumen hanya login pada website bebayuran.com, memilih sayuran yang akan dibeli dan melakukan pembayaran maka pemesanan akan segera diproses. Tetapi kelemahan dari program ini yaitu lingkup yang terbatas karena sayuran tidak tahan lama di perjalanan. Oleh karena itu, program ini masih berada di lingkup Balikpapan saja. Program ini merupakan pemberdayaan masyarakat karena mereka memfasilitasi langsung petani sayuran untuk menjual hasil panen mereka tanpa adanya distributor yang membayar dengan harga lebih rendah.

3. Universitas Brawijaya

 1479479368453

          Pada stand Universitas Brawijaya terdapat karya-karya handmade mereka bernama Myscrap Indaka. Myscrap Indaka ini adalah kado unik masa kini yang dibuat sesuai keinginan dan selera dari konsumen. Myscrap Indaka mempunyai tagline “Make Your Moment Feel Special”. Mereka menyebutkan bahwa Myscrap Indaka tersebut memiliki keunggulan limited edition, unik, memorable, dan mempunyai kualitas produk yang tinggi.

4. Institut Teknologi Sepuluh November

 1479479365760

          Pada stand Institut Teknologi Sepuluh November terdapat beberapa karya mereka yang terbuat dari kardus dan dibikin menarik. Salah satu karya mereka yaitu di bidang furniture, mereka menciptakan kursi yang terbuat dari kardus tetapi kuat menumpang hingga berat 180 kg. Kardus ini dimodifikasi sedemikian rupa supaya elegan dan tidak terlihat dari kardus. Selain itu, mereka juga menciptakan beberapa hiasan dinding yang terbuat dari kardus. Bahkan dinding dan meja stand mereka terbuat dari kardus. Kelebihan mereka dalam hal ini yaitu bagaimana mereka dapat mengubah kardus menjadi berbagai bentuk dan tidak mudah rusak.

5. Universitas Indonesia

 1479479363814

          Pada stand Universitas Indonesia terdapat beberapa karya dari mahasiswa UI. Di bidang kuliner, mereka menciptakan suguyogu yang terbuat dari 7 varian susu dan yogurt, saung ki lengser dendeng, dan crispy yang merupakan kuliner bertemakan street food. Mereka juga menciptakan permainan bernama Helopoly (Healthy Food Monopoly). Helopoly merupakan permainan yang mirip monopoly tetapi yang membedakan yaitu monopoly berdesain negara-negara sedangkan helopoly berdesain makanan yang sehat dan tidak sehat. Jadi, pemain dapat mempelajari tentang makanan sehat dan makanan tidak sehat. Permainan helopoly ini cocok untuk anak-anak karena unik, menarik, dan beredukasi.

6. Universitas Padjajaran

 1479479362081

          Pada stand Universitas Padjajaran ada beberapa karya mereka yang berhubungan dengan pemberdayaan masyarakat dan rata-rata bergerak di bidang kuliner. Produk mereka yaitu Fruits Up (Mango Pure),   Yourgood (Local Yoghurt), dan Janaka (Corn Rice). Fruits up merupakan produk minuman dalam kemasan yang dapat diminum kapan saja dan menyajikan sensasi rasa terbaik buah mangga local. Produk Yourgood merupakan hasil olahan susu berupa yoghurt yang dikemas dalam botol dan memiliki berbagai rasa. Janaka merupakan produk beras jagung untuk kesehatan seseorang, berorientasi sociopreneur dalam membantu perekonomian petani jagung di Banyuresmi, Garut dengan mengolah jagung agar lebih menguntungkan. Produk-produk tersebut adalah hasil dari pemberdayaan masyarakat. Jadi, petani mangga, petani jagung, dan peternak sapi langsung terlibat dan memproduksi bahan-bahan hasil panen mereka dan dipasarkan di masyarakat luas.

7. Universitas Jambi

 1479479360408

          Pada stand Universitas Jambi ini menjual minuman tradisional Sepang. Kandungan isi dari minuman tradisional sepang ini yaitu kayu sepang dan biji selasih. Adapun manfaat dari minuman tersebut yaitu menyembuhkan panas dalam tubuh, meningkatkan stamina tubuh, dan lain-lain. Zaman dahulu kala, kayu sepang digunakan untuk membunuh bakteri yang ada pada air yang akan diminum. Dalam bungkusan minuman tradisional ini berisi satu kayu sepang dan kayu tersebut dapat diseduh sebanyak 3x minum. Keberadaan kayu sepang saat ini sangat langka. Jadi, minuman ini merupakan inovasi baru dalam dunia kuliner.

8. Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka Jakarta

 1479479359001

          Pada stand milik Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka Jakarta ini didominasi oleh produk daur ulang limbah-limbah. Mereka berorientasi pada lingkungan oleh karena itu mereka membuat produk daur ulang. Diantaranya ada tas dari bekas kemasan, tutup lampu dari batang jagung, televisi rusak yang dijadikan aquarium, serta ada juga pupuk dari sisa sayuran dan buah-buahan. Selain itu, di stand tersebut ada bagian sudut stand yang bernama Math Addict dimana tempat tersebut terdapat produk-produk berbau matematika. Misalnya saja kaos yang bertuliskan teka-teki matematika serta ada pula jam yang angka dari jam tersebut merupakan rumus matematika.

9. Universitas Gadjah Mada

 1479479356733

          Pada stand milik Universitas Gadjah Mada ini memamerkan hasil karya mereka di bidang otomotif. Mereka menciptakan speedometer yang dimodifikasi untuk mobil dan motor dengan desain sesuai keinginan dari konsumen. Setiap desain berbeda-beda dan bahkan ada yang berdesain limited edition. Jadi mereka membuat speedometer setelah ada pesanan dari konsumen. Selain itu, ada karya mereka di bidang kebidanan. Mereka menciptakan semacam boneka menyerupai alat vital wanita untuk praktik cara menjahit yang benar setelah proses persalinan dan produk tersebut sangat berguna bagi bidan maupun dokter-dokter.

10. Universitas Siliwangi

 1479479352367

          Pada stand Universitas Siliwangi memamerkan beberapa karya mereka. Pertama, mereka menciptakan permainan di komputer/laptop. Cara permainannya seperti kita menggiring bola ke tempat tujuan dengan tanda panah di keyboard tetapi ada pengganggu dan lubang-lubang yang harus dilewati. Selain itu, mereka menciptakan aplikasi translator hanya dengan meng-scan bahasa asing tersebut dan untuk hewan dan tumbuhan akan muncul gambar 3Dnya. Mereka juga menyediakan jasa pembuatan kemasan sesuai keinginan konsumen yang dapat digunakan untuk produk-produk pemula bisnis. Kemasan yang disediakan bermacam-macam bahan dan kategori misalnya untuk kalangan atas bahan yang digunakan  dari kardus, kategori bawah dari kertas daur ulang yang unik, dan lain sebagainya.

Terima kasih telah membaca. Semoga bermanfaat dan sukses! 🙂