GOOGLE ANALYTICS

March 7th, 2021

Google Analytics adalah layanan analisis web dari Google yang menampilkan statistik pengunjung sebuah situs web. Google Analytics dapat menelusuri pengunjung berdasarkan informasi halaman pengacu, termasuk mesin pencari, iklan, jaringan pay-per-click, email marketing, dan tautan yang terkandung dalam dokumen PDF. Google Analytics memudahkan pengguna untuk dapat mengetahui iklan dan kata kunci apa yang paling banyak merujuk ke situs web pengguna. Selain itu, Google Analytics juga digunakan untuk mengetahui kepadatan trafik dari website atau blog sehingga memudahkan pengguna untuk membuat report tentang trafik website atau blog dalam jangka waktu harian, mingguan, atau bulanan.

Berikut adalah langkah-langkah pembuatan Google Analytics:

1.Kunjungi website Google Analytics (analytics.google.com), kemudian pilih “sign in to Analytics”

2. Ketika berada di halaman login, masukkan alamat email kemudian klik “next”

3. Masukkan password dan klik “sign in”

4. Klik “sign up” untuk proses membuat akun Analytics

5. Masukkan informasi-informasi seperti nama akun, nama website, URL website, kategori industri, dan zona waktu

6. Klik centang semua “data sharing setting” yang direkomendasikan oleh Google

7. Terakhir, klik “Get Tracking ID” dan klik “I Accept” pada laman syarat dan layanan.

Berikut adalah langkah-langkah memasang Google Analytics pada Blogger:

1. Login ke Blogger Administrator

2. Pada dashboard Blogger, klik menu “setting” dan pilih “other”

3. Temukan opsi “Google Analytics”

4. Paste tracking code yang kita dapatkan dari Google Analytics, misalnya UA-12345678-9 pada kolom box “ID Properti Web Analytics”

5. Terakhir, klik “simpan pengaturan”

Data traffic pada Google Analytics baru bisa diakses minimal 1 x 24 jam kemudian sehingga data tidak instan dan tidak bisa mengambil data-data website yang telah lampau, sebelum menginstall Google Analytics di website tersebut.

Google Analytics belum sinkron di blog saya karena masih menunggu proses.

GOOGLE ADSENSE

March 6th, 2021

Situasi pandemi yang masih belum berakhir, menuntut semua lini untuk bergerak secara digital termasuk di dunia pemasaran. Oleh karena itu, dapat memanfaatkan Google AdSense sebagai salah satu solusinya. Dalam artikel ini akan dibahas mengenai Google AdSense dan langkah-langkah pembuatannya.

Google AdSense adalah cara gratis dan mudah bagi semua penayang situs besar maupun kecil untuk memperoleh uang dengan menampilkan iklan google yang bertarget di situs mereka. Melalui program periklanan AdSense, pemilik situs web atau blog yang telah mendaftar dan disetujui keanggotaannya diperbolehkan memasang unit iklan yang telah ditentukan oleh google di halaman web mereka. AdSense memanfaatkan advertising yang tertarget dalam bentuk text, gambar, video, dan iklan interaktif media. Pemilik situs web atau blog akan mendapatkan pemasukan berupa pembagian keuntungan dari google untuk setiap iklan yang diklik oleh pengunjung situs, yang dikenal sebagai sistem pay per click (ppc).

Berikut adalah langkah pembuatan Google AdSense:

1.Kunjungi website Google Adsense

(https://www.google.com/intl/id_id/adsense/start/) dan masukkan data yang diminta

2. Masukkan URL website, alamat email, dan pilih apakah ingin mendapatkan informasi dari AdSense atau tidak

3. Klik Save and Continue

4. Selanjutnya, Google akan memastikan bahwa email dan URL website sudah benar

5. Pilih negara asal

6. Centang “Yes, I have read and accept the agreement”

7. Klik “Create Account”

8. Selanjutnya, akan muncul tampilan seperti di bawah ini. Isi data pribadi seperti nama, alamat, dan nomor handphone
9. Terakhir, akan muncul tampilan seperti di bawah
Google AdSense belum sinkron di blog saya karena proses membutuhkan waktu beberapa hari.

10 TOKO ONLINE

February 28th, 2021

E-commerce adalah perdagangan elektronik atau perdagangan internet yang mengacu pada pembelian dan penjualan barang atau jasa menggunakan situs web di internet. Ada empat jenis e-commerce yang menggambarkan setiap transaksi yang terjadi antara konsumen dan bisnis di masyarakat, antara lain B2C (Model Bisnis ke Konsumen), B2B (Bisnis ke Bisnis), C2C (Konsumen ke Konsumen), dan C2B (Konsumen ke Bisnis). Di bawah ini terdapat 10 toko online yang dapat digunakan konsumen untuk berbelanja online, antara lain:

  1. Shopee

 

 

Shopee merupakan salah satu marketplace yang terkenal di Indonesia. Shopee menyediakan segala macam kebutuhan seperti produk rumah tangga, perlengkapan sekolah atau kuliah, fashion, kosmetik, elektronik, produk makanan minuman, dan lain-lain. Shopee tidak hanya menjual barang dalam negeri saja tetapi juga menjual barang dari luar negeri, perbedaannya dalam jangka waktu pengiriman dan harga. Shopee juga memiliki Shopee Mall yaitu toko terpilih di Shopee yang memberikan pembeli pengalaman berbelanja online terbaik, biasanya terdapat logo Shopee Mall pada foto profil toko. Shopee memiliki berbagai macam pilihan metode pembayaran, bisa melalui transfer bank, kartu kredit atau debit online, Alfamart, Indomaret atau i.Saku, ShopeePay, ShopeePayLater, serta COD (Cash On Delivery). Konsumen dapat melakukan interaksi dengan salah satu toko yang barangnya ingin dibeli melalui fitur chat yang telah tersedia. Selain itu, konsumen juga dapat mengetahui persentase performa chat toko dan review pembeli sehingga mempermudah keputusan untuk membeli barang di toko tersebut atau tidak. Ketika barang sudah sampai dan terjadi kerusakan atau tidak sesuai, konsumen dapat melakukan pengembalian atau refund karena terdapat garansi shopee sehingga otomatis uang konsumen akan kembali maximal 2×24 jam. Namun, ketika melakukan proses pengembalian atau refund, terlebih dahulu ada interaksi dan konfirmasi antara penjual dan pembeli. Shopee disenangi konsumen karena tersedia voucher gratis ongkir dan terkadang tersedia voucher potongan harga.

REVIEW:

Saya sering menggunakan shopee untuk belanja online karena tersedia berbagai metode pembayaran, voucher gratis ongkir atau potongan harga, terdapat banyak pilihan karena hampir semua online shop di instagram berjualan di shopee, pengiriman cepat, dan sistem pengiriman maupun penanganan untuk pengaduan termasuk cepat tanggap.

2. Tokopedia

Tokopedia merupakan salah satu marketplace terkenal di Indonesia selain shopee. Tokopedia memudahkan dan mendukung pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan perorangan untuk mengembangkan usaha mereka dengan memasarkan produk secara online sehingga ada berbagai macam harga dengan produk yang sama tersedia di Tokopedia. Tokopedia menyediakan segala macam kebutuhan seperti produk rumah tangga, produk makanan minuman, fashion, kendaraan, kosmetik, dan lain-lain. Tokopedia memiliki berbagai macam pilihan metode pembayaran, bisa melalui OVO, debit instan, kartu kredit, transfer virtual account, LinkAja, Jenius, Kredivo, Alfamart, Lawson, Indomaret, JNE, Circle K, Kantorpos, FamilyMart, dan COD (Cash On Delivery). Tokopedia tidak hanya untuk membeli suatu barang saja, tetapi juga dapat digunakan untuk membayar PLN, pulsa, paket data, maupun internet dan tv kabel. Konsumen dapat melakukan interaksi dengan salah satu toko yang barangnya ingin dibeli melalui fitur chat yang telah tersedia. Fitur chat yang ada di Tokopedia tidak hanya digunakan untuk mengirim pesan saja, tetapi juga bisa digunakan untuk mengirim produk yang ingin ditanyakan, gambar, dan invoice. Tokopedia mempermudah keputusan konsumen untuk membeli barang di toko tersebut atau tidak dengan adanya kolom diskusi di setiap produk dan review pembeli sehingga mempermudah keputusan untuk membeli barang di toko tersebut atau tidak. Tokopedia disenangi konsumen karena sering tersedia cashback dan gratis ongkir, serta terkadang terdapat potongan harga.

REVIEW:

Saya pernah menggunakan Tokopedia untuk berbelanja online sebanyak 2x. Saya menggunakan Tokopedia untuk berbelanja online karena produk yang saya inginkan ada potongan harga. Selain itu, pembayaran di Tokopedia cukup mudah karena bisa dibayar dengan menggunakan OVO meskipun pilihan pengiriman tidak sebanyak marketplace yang lain.

3. Bukalapak

Bukalapak merupakan salah satu marketplace yang dimiliki dan dijalankan oleh PT Bukalapak dengan model bisnis C2C (consumer to consumer). Bukalapak menyediakan segala macam kebutuhan seperti gadget dan aksesoris gadget, fashion, elektronik, produk perlengkapan rumah tangga, dan lain-lain. Bukalapak menyediakan berbagai macam pilihan metode pembayaran seperti DANA, transfer bank, Indomaret, Alfamart, Lawson, Mitra Bukalapak, kartu kredit, Kredivo, Akulaku, HomeCredit, dan OneKlik. Selain itu, Bukalapak menyediakan berbagai macam pilihan metode pengiriman barang seperti BukaExpress, SiCepat, J&T, dan NINJA dengan harga yang berbeda-beda. Bukalapak menyediakan asuransi barang sehingga ketika barang rusak atau hilang saat pengiriman akan diberikan retur. Di Bukalapak terdapat BukaMall yang ditujukan kepada brand pilihan seperti samsung, xiaomi, dan 3second. Bukalapak  mempermudah keputusan konsumen untuk membeli barang di toko tersebut atau tidak dengan adanya fitur chat dan adanya data statistic setiap toko yang dapat dilihat oleh konsumen. Bukalapak terkadang tersedia voucher gratis ongkir.

REVIEW:

Saya belum pernah menggunakan Bukalapak sebagai tempat belanja online.

4. Lazada

Lazada merupakan salah satu marketplace di Indonesia yang menyediakan berbagai macam jenis produk seperti produk peralatan rumah tangga, elektronik, produk mainan anak dan perlengkapan bayi, kosmetik, peralatan olahraga, dan lain-lain. Fitur yang disediakan oleh Lazada sedikit membingungkan jika belum terbiasa menggunakan aplikasinya. Lazada menyediakan fitur chat untuk mempermudah konsumen bertanya tentang produk yang diinginkan sebelum membeli. Fitur chat tidak hanya untuk mengirim pesan saja tetapi juga bisa untuk mengirim foto, produk, atau pesanan yang diinginkan. Lazada memiliki berbagai pilihan metode pembayaran, antara lain DANA, KlikBCA, OVO, tramsfer bank, Alfamart, Indomaret, Kredivo, Akulaku, Lazada Credit, dan COD (Cash On Delivery). Pilihan pengiriman di Lazada hanya ada satu sehingga konsumen tidak bisa memilih ingin menggunakan pengiriman yang mana. Di Lazada terdapat LazMall yang ditujukan untuk brand pilihan. Konsumen dapat melihat review pembeli sehingga memudahkan keputusan untuk membeli produk tersebut atau tidak. Lazada terkadang memberikan voucher potongan harga.

REVIEW:

Saya belum pernah menggunakan Lazada sebagai tempat belanja online.

5. OLX Indonesia

OLX Indonesia menyediakan segala macam kebutuhan baik barang bekas maupun barang baru seperti mobil, property, motor, elektronik, produk rumah tangga, produk perlengkapan bayi, dan lain-lain. Selain itu, di OLX menyediakan fitur pencarian lowongan pekerjaan. Ketika konsumen ingin membeli suatu barang, konsumen harus menghubungi penjual terlebih dahulu, setelah itu baru terjadi transaksi pembelian. Konsumen dapat menghubungi penjual melalui chat di OLX atau melalui WhatsApp karena terdapat nomor penjual. Transaksi jual beli OLX disesuaikan dengan domisili karena pembayaran jual beli di OLX melalui COD (Cash On Delivery), di mana konsumen dapat langsung bertemu penjual dan barang yang diinginkan.

REVIEW:

Saya belum pernah menggunakan OLX Indonesia sebagai tempat belanja online.

6. Blibli

Blibli adalah marketplace dengan konsep belanja online ala mall. Blibli menyediakan berbagai macam produk seperti peralatan elektronik, komputer dan laptop, kamera, gadget, otomotif, fashion, gaming, dan lain-lain. Blibli cocok digunakan untuk transaksi pembelian elektronik. Metode pengiriman di Blibli hanya ada satu jenis jika antar pulau atau provinsi, namun jika satu kota dengan toko yang dinginkan terdapat lima jenis pengiriman yaitu 2 jam sampai, pick delivery time, express, SameDay, dan instant. Metode pembayaran di Blibli ada berbagai macam antara lain transfer melalui virtual account, kartu kredit, internet banking, GoPay, OVO, DANA, LinkAja, Indomaret, Pos Indonesia, dan BliPay. Blibli menyediakan fitur chat dan review pembeli untuk memudahkan konsumen memutuskan beli produk di toko tersebut atau tidak.  Fitur yang ada di Blibli cukup mudah dipahami karena simple. Blibli membantu konsumen untuk mencari barang yang dibutuhkan di toko terpercaya dengan adanya fitur official store yang berisi brand pilihan. Terkadang di Blibli ada flash sale sehingga menarik konsumen.

REVIEW:

Saya belum pernah menggunakan Blibli sebagai tempat belanja online.

7. JD.ID

 

JD.ID merupakan marketplace yang menyediakan berbagai macam elektronik dan gadget, peralatan rumah, kecantikan, fashion, gaming, dan lain-lain. JD.ID terkenal sebagai transaksi pembelian elektronik dan gadget dibandingkan dengan e-commerce yang sudah ada. JD.ID juga dapat digunakan untuk membayar PLN, PDAM, BPJS, serta tv kabel dan internet. JD.ID memiliki berbagai macam metode pembayaran seperti GoPay, kartu kredit, bank transfer, dan instant payment. Metode pengiriman JD.ID hanya ada satu sehingga konsumen tidak bisa memilih. Fitur yang ada di JD.ID cukup mudah dipahami. Untuk mempermudah keputusan konsumen membeli produk tersebut atau tidak, tersedia kolom diskusi dan review pembeli yang dapat dilihat oleh konsumen. JD.ID menarik konsumen dengan cara memberikan potongan harga atau voucher gratis ongkir.

REVIEW:

Saya belum pernah menggunakan JD.ID sebagai tempat belanja online.

8. Elevenia

Elevenia merupakan situs belanja online dengan konsep open marketplace yang menyediakan berbagai macam pilihan produk seperti fashion, elektronik, olahraga, kosmetik, produk peralatan rumah tangga, dan lain-lain. Fitur di Elevenia cukup mudah dipahami.  Metode pembayaran di Elevenia bermacam-macam, antara lain bank transfer, ATM, kartu kredit, internet banking, debit instant, e-money, Indomaret, dan kantor pos. Metode pengiriman di Elevenia bermacam-macam sehingga konsumen dapat memilih karena harganya berbeda-beda seperti JNE Express, TIKI, Elevenia Express, GoJek, JNT, SiCepat, Pos Indonesia, Ninja Express, dan ambil di Indomaret. Elevenia mempermudah keputusan konsumen untuk membeli atau tidak dengan menampilkan fitur kolom diskusi dan review pembeli yang dapat dilihat langsung oleh konsumen. Elevenia menarik minat konsumen dengan cara memberikan potongan harga dan terkadang ada voucher gratis ongkir.

REVIEW:

Saya belum pernah menggunakan Elevenia sebagai tempat belanja online.

9. Sociolla

Sociolla adalah e-commerce di Indonesia yang menyediakan berbagai macam produk kecantikan, makeup, perawatan kulit, kosmetik, parfum, dan skincare. Sociolla merupakan e-commerce terpercaya karena semua produk dijamin aman, resmi, dan sudah terdaftar sehingga konsumen tidak perlu ragu untuk membelinya. Fitur di Sociolla cukup mudah dipahami bagi konsumen yang baru mengunduh aplikasi tersebut. Sociolla mempermudah konsumen memutuskan membeli produk tersebut atau tidak dengan menyediakan kolom review yang dapat dilihat oleh konsumen. Metode pengiriman di Sociolla hanya ada satu jenis sehingga konsumen tidak dapat memilih. Metode pembayaran di Sociolla ada bermacam-macam seperti melalui BCA Virtual Account, ShopeePay, GoPay, OVO, kartu kredit, transfer bank, dan Indomaret. Sociolla menarik konsumen dengan menyediakan voucher gratis ongkir dan potongan harga.

REVIEW:

Saya pernah menggunakan Sociolla ketika berbelanja online karena terdapat berbagai macam produk dengan merek terpercaya, pengiriman cepat, terkadang mendapatkan voucher gratis ongkir dan potongan harga, serta admin Sociolla juga cepat tanggap ketika konsumen bertanya.

10. ZALORA

ZALORA adalah e-commerce yang menjual produk dengan berbagai merek baik lokal maupun internasional. Di aplikasi ZALORA, konsumen dapat menemukan produk fashion pria maupun wanita, produk kosmetik, produk kesehatan, produk perlengkapan rumah tangga, dan lain-lain. ZALORA menyediakan berbagai macam metode pembayaran seperti bank transfer, GoPay, kartu kredit, OVO, Kredivo, dan COD (Cash On Delivery). ZALORA hanya menyediakan satu jenis pengiriman saja sehingga konsumen tidak dapat memilih. Fitur yang disediakan ZALORA cukup mudah dipahami bagi konsumen yang baru mengunduh aplikasi. ZALORA menarik minat konsumen dengan menyediakan voucher gratis ongkir, potongan harga, ataupun cashback.

REVIEW:

Saya belum pernah menggunakan ZALORA sebagai tempat belanja online.