browser icon
You are using an insecure version of your web browser. Please update your browser!
Using an outdated browser makes your computer unsafe. For a safer, faster, more enjoyable user experience, please update your browser today or try a newer browser.

TUGAS TERSTRUKTUR KEWIRAUSAHAAN “ Sebagai Pengganti Ujian Tengah Semester Ganjil’’ Disusun Oleh : KELAS G / S NAMA KELOMPOK : 1. ANISSA AFISUNANI 115040201111011 2. FAKHRIZAL KRESHNA Y. 115040201111261 3. GETHAR WINDI APRILIA 115040200111053 4. GHASSANI ANGGIAH 115040200111082 5. HADI SUSILO 115040213111030 Dosen : Bpk. Fery Abdul Choliq, SP. MSc. PROGRAM STUDI AGROEKOTEKNOLOGI FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS BRAWIJAYA MALANG 2013

Posted by on October 21, 2014

KATA PENGANTAR

Puji Syukur Kehadirat Alloh SWT, Yang telah memberikan anugerah kepada  kami, sehingga kami dapat menyusun tugas makalah Kewirausahaan sebagai tugas Pengganti Ujian Tengah Semester Ganjil. Tidak lupa Kami  juga mengucapkan terima kasih kepada Bapak Fery Abdul Cholic selaku pengajar mata kuliah Kewirausahaan, yang telah memberikan kesempatan kepada kami untuk penyusunan makalah ini. Didalam makalah ini kami mewancarai seorang pengusaha yang telah sukses dibidang pertanian dalam menjalankan usahanya. Makalah ini disusun supaya pembaca dapat lebih memahami tentang kewirausahaan. Tentang bagaimana memulai sebuah usaha, karakter atau sifat yang harus dimiliki seorang wirausaha dan juga seorang wirausaha yang dapat dijadikan panutan. Penulias menyadari dalam makalah ini masih banyak kekurangan baik isinya maupun struktur penulisannya. Oleh karena itu, kritik dan saran yang bersifat membangun sangat diharapkan guna perbaikan di kemudian hari. Demikian semoga makalah ini dapat memberikan manfaat umumnya bagi pembaca  dan khususnya bagi penulis sendiri.

Hormat Kami

Penulis

 

 

 

 

 

 

 

 

 

PENDAHULUAN

Latar Belakang Masalah

Wirausaha merupakan suatu proses atau cara untuk melakukan suatu usaha yang bertujuan untuk mendapatkan hasil atau keuntungan yang diharapkan dengan cara memproduksi, menjual atau menyewakan suatu produkk barang atau jasa.
Dalam menjalankan suatu usaha (wirausaha) seorang pelaku usaha harus memiliki :
1. Skill (kemampuan)

Seorang pelaku usaha harus memiliki skil (kemampuan) untuk berwirausaha karna tanpa skil (kemampuan) seorang pelaku usaha tidak akan mungkin bisa berwirausaha. Jadi skill (kemampuan) adalah modal utama yang harus dimiliki dalam berwirausaha.
2. Tekad (kemauan)

Apabilaseorang pelaku usaha telah mempunyai skill (kemampuan) tapi tanpa ada tekad (kemauan yang kuat) untuk berwirausaha maka skill (kemampuan) berwirausaha itu akan sia-sia karena tidak dapat tersalurkan. Jadi pada dasarnya skill dan tekad itu harus dimiliki oleh seorang pelaku wirausaha

3. Modal

Modal merupakan aspek yang sangat menunjag dalam hal memulai dan menjalankan suatu usaha disamping mempunyai skill dan tekad.

4. Target dan Tujuan

Seorang pelaku usaha apabila ingin menjalankan suatu usaha maka harus bisa menentukan targer dan tujuan pemasarannya. Karena apabila target dan tujuan tidak direncanakan maka usaha yang dijalankan tidak mungkin dapat bertahan lama.

5. Tempat

Tempat berwirausaha merupakan aspek yang harus dimiliki bila ingin menjalankan wirausaha. Karena tempat juga sangat menunjang dalam hal wirausaha dan bisa menjadikan suatu bahan pertimbangan oleh konsumen mengenai wirausaha yang sedang dijalankan.

Metode Pembahasan

Dalam hal ini penulis menggunakan:

  1. Metode Naratif

Sebagaimana ditunjukan oleh judulnya, pembahasan ini bertujuan untuk memberikan suatu cerita dari narasumber tentang suatu usaha yang sedang dijalankan samapi mencapai kesuksesan.

 

  1.  Survai

Proses yang dilakukan melalui wawancara, mengumpulkan data-data dan keterangan dari seorang narasumber yang ada hubungannya dengan usaha yang sedang dijalankan.

Tujuan

Sebagai contoh yang bisa ditiru apabila ingin menjalankan suatu usaha.

Untuk memenuhi tugas kedua mata kuliah Kewirausahaan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

PEMBAHASAN

PROFIL PENGUSAHA

Nama                          : Bpk. Nur Aziz

Tempat / Tgl lahir     : Malang, 14 Desember 1978

Pendidikan                 : MAN Batu (SLTA)

Pekerjaan                   : Pengusaha Bunga Potong

Pada masa dewasa ini, tanaman tidak hanya dijual buahnya saja, namun keindahan dari bunganya pun dapat dijual. Karena kemajuan zaman, masyarakat tidak hanya memandang sebuah tanaman dari sisi agronomisnya saja namun juga dari segi estetika. Maka dari itu, sudah banyak dijumpai pengusaha-pengusaha bunga potong yang dapat dibilang sukses dalam bidangnya.

Salah satu pengusaha sukses bunga potong yaitu Bapak Nur Aziz, beliau merintis usahanya sudah sekitar tahun 2005 dan sekarang penghasilan yang didapat cukup lumayan. Pak Aziz sekitar berumur 35 tahun dan membuka toko bunga potong di daerah Bumiaji, Batu. Beliau lebih spesifik pada bunga potong untuk bunga mawar dan bunga peacock.

Meskipun beliau hanya lulusan dari Sekolah Menengah Pertama (SMA), beliau memiliki pemikiran-pemikiran yang kreatif untuk mengembangkan usahanya tersebut. Salah satunya yaitu membuat blog di internet untuk pemesanan bunga potong. Karena adanya layanan pesan antar tersebut, Pak Aziz dapat menjual bunga potongnya ke berbagai daerah yaitu Surabaya, Semarang, Jakarta, Solo, Bali, Sulawesi dan Kalimantan. Pengiriman terjauh yang pernah Pak Aziz terima yaitu sampai ke negara Vietnam.

Bibit-bibit dari bunga potong Pak Aziz memang didatangkan impor dari Belanda, namun untuk pembudidayaannya Pak Aziz lakukan sendiri dengan bekerja sama dengan petani-petani bunga di sekitar rumahnya.

Keuntungan yang didapat untuk penjualan semua bunga potong sekitar 150 juta perbulan dan untuk bunga mawar sendiri sekitar 40 juta sampai 45 juta perbulan. Pak Aziz juga menjual lagi bibit-bibit bunga potongnya dengan harga 2500 rupiah satu bibit. Untuk bunga peacock, Pak Aziz menjualnya dengan harga 10 ribu rupiah satu ikat.

Melihat keuntungan tersebut, pasti akan banyak pesaing nantinya.maka dari itu Pak Aziz memiliki beberapa metode-metode atau kiat-kiat untuk menjadi wirausahawan yang sukses. Berikut penjelasan selanjutnya.

Berikut Sifat-Sifat Yang Telah Diterapkan Oleh  Seorang Wirausahawan Bapak Nur Aziz :

  1. 1.      Mau Kerja Keras dan Cerdas

Sikap kerja keras sert berpikiran cerdas harus dimiliki oleh seorang wirausahawan. Unsur disiplin memainkan peranan penting. Sebab bagaimana orang mau kerja keras jika sifat disiplin tidak ada.

  1. 2.      Bekerjasama Dengan Orang Lain

Seorang Wirausahawan mudah bergaul, disenangi oleh masyarakat. Dia tidak suka fitnah, sok hebat, arogan, tidak suka menyikut dan menggunting dalam lipatan.

  1. 3.      Penampilan Yang Baik

Bukan berarti penampilan muka yang elok tetapi lebih disarankan dan ditekankan pada penampilan perilaku yang jujur dan bersahaja.

  1. 4.      Yakin

Keyakinan ini diimplementasikan dalam tindakan sehari-hari, melangkah pasti, tekun, sabar, tidak ragu-ragu. Stiap hari otaknya berputar membuat rencana dan perhitungan alternatif.

  1. 5.      Pandai Membuat Keputusan

Jika anda dihadapkanpada alternatif, harus memilih, maka buatlah pertimbangan yang matang. Kumpulkan berbagai informasi, boleh minta pendapat orang lain, setelah itu ambil keputusan yang terbaik.

  1. 6.      Mau Menambah Ilmu Pengetahuan

Pendidikan baik formal maupun non formal akan sangat membantu seseorang menemukan dan mengembangkan jiwa serta operasional wirausaha. Akan tetapi, hal yang paling penting disini adalah adanya tambahan ilmu pengetahuan atau teori.

  1. 7.      Ambisi Untuk Maju

Seorang wirausahawan dituntut untuk  pantang menyerah. Dan harus punya semangat tinggi, mau berjuang untuk maju. Orang yang gigih dalam menghadapi pekerjaan dan tantangan biasanya banyak yang berhasil dalam menghadapi kehidupan.

 

 

  1. 8.      Pandai Berkomunikasi

Berarti pandai mengorganisasi buah pemikiran kedalam bentuk ucapn-ucapan yang jelas, menggunakan tutur kata yang santun dan enak didengar, mampu menarik perhatian orang lain. Komunikasi yang baik, diikuti dengan perilaku yang santun dan jujur, konsisten dalam pembicaraan akan sangat membantu seseorang mengembangkan karir dimasa yang akan datang.

Beberapa saran-saran kepada calon pengusaha yang dinasehatkan oleh Bapak Nur Aziz adalah sebagai berikut :

Kiat – Kiat Menjadi  Pengusaha Sukses

Sebelum belajar bagaimana menjadi pengusaha sukses, maka perlu juga diketahui bahwa cara cepat menjadi pengusaha sukses belum tentu bisa diterapkan, tetapi paling tidak sukses secara perlahan-lahan, dapat ditempuh ketika seseorang memiliki kemauan yang kuat. Berikut adalah berbagai menjadi pengusaha sukses yang tentunya dapat dijadikan sebagai inspirasi untuk menuju kesuksesan:

  1. 1.    Awali Dengan Impian dan Imajinasi

Sebelum manusia bisa mendarat di bulan, tak pernah ada yang berfikir bahwa hal itu adalah sebuah kenyataan. Ide mendarat di bulan pada awalnya adalah sebuah mimpi indah yang tak akan pernah terwujud. Namun impian dan imajinasi itu akhirnya berubah menjadi kenyataan ketika seseorang telah membuktikannya dengan pendaratan manusia pertama kali ke bulan. Yang perlu diingat adalah segala sesuatu keberhasilan itu bermula dari impian dan keyakinan dengan didorong oleh kerja keras untuk mewujudkannya. Jika anda mempunyai impian untuk menjadi seorang pengusaha yang sukses dan punya niat untuk mewujudkannya, maka segeralah bangun dari mimpi anda. Bekerja keraslah untuk segera merubah mimpi anda itu menjadi kenyataan. Hanya seorang pemimpi yang mampu menciptakan dan membuat sebuah terobosan dalam produk, jasa ataupun ide yang bisa sukses. Mereka tidak mengenal kata tidak bisa atau tidak mampu.

  1. 2.    Kenali Impian Anda

Semua kemudahan dari fasilitas yang kita gunakan saat ini dulunya hanyalah sebuah impian dari orang-orang yang telah menemukan dan menciptakannya. Orang-orang ini mengenali mimpi mereka dan percaya bahwa mimpi-mimpi ini bisa diwujudkan.

“Orang dengan ide baru adalah orang aneh sampai ide tersebut berhasil”. Demikian sebuah ungkapan. Dan orang-orang yang sekarang wujud impiannya sedang kita gunakan, telah rela dianggap aneh dan bahkan dianggap gila.

Karena barangkali bagi mereka, hidup mengejar impian dan menjadi orang seperti yang mereka sendiri inginkan, jauh lebih mulia dan bahagia daripada menjadi orang dan menjalani kehidupan seperti yang orang lain harapkan dan tentukan.

  1. 3.    Mempunyai Pengetahuan Dasar-dasar Bisnis

Tanpa adanya pengetahuan dasar-dasar bisnis hanya akan membuat usaha anda seperti sebuah kelinci percobaan. Kemungkinan besar hanya akan banyak mengalami kegagalan. Tidak akan ada sukses tanpa sebuah pengetahuan. Yang terbaik adalah belajar sambil bekerja. Bekerja dengan orang lain dulu sebelum anda menjadi pebisnis sangat membantu anda menyerap ilmu dan pengalaman dan siap sukses.

  1. 4.    Tidak Suka Menunda

Seperti kata pepatah: “Time is money! Oleh karena janganlah suka menunda-nunda suatu pekerjaan. Lakukanlah saat ini, sekarang juga selagi ada kesempatan. Menunda suatu pekerjaan berarti adalah suatu kerugian yang akan membuat anda menyesal.

  1. 5.     Ambil Langkah Pertama

Banyak impian hanyalah tinggal impian jika tidak ada tindakan yang diambil untuk membuat impian tersebut terwujud.

Langkah pertama yang paling tepat untuk memulai adalah dengan mengumpulkan informasi yang cukup untuk membuka jalan ke arah impian kita. Namun di era informasi saat ini, sangat mudah untuk terjebak dalam informasi yang salah. Bahkan tidak jarang tersesat dalam belantara informasi.

Terlebih sebagai manuasia kita mudah sekali tergoda pada hal-hal yang kelihatannya serba mudah dan instan. Karena itu motto kami adalah “Internet Bagaikan Hutan Belantara Yang Tanpa Batas Jadi Pastikan Anda Menginvestasikan Waktu Dan Energi Anda Hanya Pada Yang Memberikan Nilai Kembalian Yang Paling Tinggi Untuk Anda”.

  1. 6.    Bersedia Belajar

Saat ini banyak sekali orang yang menjadi penganggur berpindidikan. Kenapa? Karena pendidikan saja tidak cukup. Selain berpendidikan kita juga harus memiliki ketrampilan. Telah sangat banyak contoh di dunia ini dimana orang justru menjadi sukses bukan karena pendidikannya tapi karena ketrampilannya.

Karena itu jangan sungkan untuk belajar ketrampilan-ketrampilan baru yang akan semakin mendekatkan anda dengan impian anda. Mungkin tidak akan ada tepuk tangan, pakaian toga atau sertifikat ketika anda telah menguasai ketrampilan bisnis anda. Tapi semua orang tahu, dalam bisnis indikator sukses bukan nilai akademis, tapi nilai saldo.

Namun demikian, jangan jadikan uang sebagai tujuan utama. Karena ketika kita semakin layak untuk menjadi sukses, uang akan mengikuti dengan sendirinya.

  1. 7.    Ciptakan Sebuah Sistem

Agar mudah mengevaluasi perkembangan bisnis anda. Ciptakan sebuah sistem. Standard Operating Procedure (SOP). Prosedur mengoperasikan televisi paling sederhana misalnya; sambungkan TV ke sumber listrik, tekan tombol power. Jika televisi tidak menyala berarti kemungkinan masalah hanya dua, kalau bukan pada sumber listriknya yang kosong berarti power TV tersebut yang rusak.

Hampir semua intansi dan korporasi besar memiliki SOP untuk mengatur bisnis mereka. SOPlah yang membuat KFC, McDonald, Pizza Hut, Coca-Cola, Pepsi cita rasanya tetap sama di belahan dunia manapun dia dijual.

Di eCerdas, WFD System adalah SOP yang dibuat agar jerih payah yang telah dilakukan untuk megembangkan jaringan tidak perlu lagi dilakukan berulang-ulang.

  1. 8.    Kembangkan Jaringan

Bisnis tanpa jaringan hanya menjadi bisnis lokal. Dan tidak ada bisnis yang sukses besar tanpa membangun jaringan. Ada orang yang sukses karena jaringan bisnis restorannya, jaringan bisnis real estatenya, jaringan bisnis baksonya dan lain-lain.

Ketika bisnis online hadir, membangun jaringan menjadi lebih mudah. Tidak perlu tanah, gedung dan karyawan. Mengawasinyapun menjadi lebih mudah, tidak perlu pergi-pergi ke luar kota, tidak perlu menstok barang, dijalankan tanpa terikat waktu dan tempat.

Saat ini, siapa yang paling luas dan berkualitas jaringan yang dimilikinya, maka akan semakin sukses dia. Membangun jaringan yang tidak sekedar luas tapi juga berkualiatas adalah salah satu ketrampilan yang paling dibanggakan dan diandalkan oleh entreprenuer manapun.

  1. 9.    Pengorbanan

Investasi adalah bahasa lain dari pengorbanan. Dimana saat berinvestasi kita rela berkorban untuk tidak membelajakan uang yang kita miliki saat ini demi harapan akan perkembangan hasilnya di masa depan. Demikian juga dalam investasi waktu dan energi.

Tapi sayangnya, sangat jarang orang yang rela berkorban, orang yang bersedia menunda kesenangannya saat ini demi kesenangan yang jauh lebih besar di hari esok hanya karena terbayang-bayang akan resikonya.

Padahal jika pengorbanan itu memang dibutuhkan dalam meraih impiannya, maka kita akan menjalankannya dengan suka cita. Halangan apapun adalah tantangan untuk menjadi lebih kuat, lebih cerdas, lebih berpengalaman dan tentunya untuk menjadi lebih sukses.

  1. 10.    Mau Belajar Dari Pengalaman Orang Lain

Pepatah mengatakan: “Pengalaman adalah guru yang terbaik. Seorang calon pengusaha yang sukses mau mengambil pengalaman dari orang lain dan dari dirinya sendiri. Apapun pengalaman seseorang itu baik kesuksesan atau kegagalan harus dijadikan suatu pelajaran yang berharga sebagai panduan dia dalam memulai usaha atau mengembangkan usahanya.

  1. 11.    Bersedia Menerima kritikan dan Nasehat Dari Orang Lain

Sebagian orang menganggap bahwa kritikan yang ditujukan kepadanya itu adalah sebagai sebuah penghambat bagi kelangsungan usahanya. Akan tetapi bagi orang yang berfikir normal akan menjadikan kritikan atau bahkan nasehat dari orang lain itu sebagai gurunya yang membimbing dia ke arah sukses. Menerima kritikan berarti menyadari bahwa kita mempunyai kekurangan. Dengan mengetahui kekurangan yang ada pada kita maka kita bisa memperbaiki kekurangan itu. Berterimakasihlah kepada orang yang mau menegur dan mengkritik kita.

  1. 12.    Konsisten

Ada saat dalam menjalankan bisnis seakan-akan mendadak menjadi buntu. Cahaya gairah yang tadinya terang-benderang tiba-tiba meredup. Baik karena suatu alasan atau bahkan tidak diketahui alasannya kenapa.

Banyak calon-calon bintang berguguran pada fase ini, ketika komitmen mereka diuji, ketika daya tahan fisik dan mentalnya diuji, mereka kalah. Sehingga mereka tidak layak melihat impian mereka menjadi nyata. Yang paling menyedihkan kebanyakan mundur justru ketika impian telah tinggal sejangkauan lagi. “Saat paling gelap di malam hari adalah saat menjelang fajar”, demikian sebuah ungkapan bijak.

Jika langkah anda mulai tersandung, ingatlah kembali impian anda. Bayangkan bagaimana kesengsaraan yang akan anda alami jika impian anda tidak tercapai.

 

  1. 13.    Impian Menjadi Nyata

Kini semua perjuangan yang dilakukan untuk meraih impian telah tercapai. Jika ada tetes air mata dan luka di masa lalu, kini menjadi kenangan dan kisah yang manis dan menjadi motivator bagi generasi bintang berikutnya.

Betapa bahagianya menjadi orang seperti yang kita inginkan. Betapa bahagianya dapat menjalani kehidupan sesusai dengan pilihan sendiri. Betapa bahagianya mengetahui bahwa kebahagiaan ini buah dari perjuangan sendiri. Dan yang paling membahagiakan adalah sekarang kita dapat membagi kebahagiaan ini kepada keluarga, orang-orang yang kita cintai, sahabat dan lingkungan kita…

Dan sekarang kita juga sadar bahwa ketika kita bermimpi meraih bintang, dan kita benar-benar telah berjuang untuk mewujudkannya, walau mungkin nanti bintang itu tidak teraih, tapi kita tidak akan sekedar mendapatkan lumpur.

 

 

 
 

 

 

 

 

 

 

PENUTUP

Kesimpulan

Pada masa dewasa ini, tanaman tidak hanya dijual buahnya saja, namun keindahan dari bunganya pun dapat dijual. Karena kemajuan zaman, masyarakat tidak hanya memandang sebuah tanaman dari sisi agronomisnya saja namun juga dari segi estetika. Salah satu pengusaha sukses bunga potong yaitu Bapak Nur Aziz, beliau merintis usahanya sudah sekitar tahun 2005 dan sekarang penghasilan yang didapat cukup lumayan. Pak Aziz sekitar berumur 35 tahun dan membuka toko bunga potong di daerah Bumiaji, Batu. Beliau lebih spesifik pada bunga potong untuk bunga mawar dan bunga peacock. Keuntungan yang didapat untuk penjualan semua bunga potong sekitar 150 juta perbulan dan untuk bunga mawar sendiri sekitar 40 juta sampai 45 juta perbulan. Pak Aziz juga menjual lagi bibit-bibit bunga potongnya dengan harga 2500 rupiah satu bibit. Untuk bunga peacock, Pak Aziz menjualnya dengan harga 10 ribu rupiah satu ikat.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DOKUMENTASI