browser icon
You are using an insecure version of your web browser. Please update your browser!
Using an outdated browser makes your computer unsafe. For a safer, faster, more enjoyable user experience, please update your browser today or try a newer browser.

TUGAS PRAKTIKUM PENGANTAR USAHA PERTANIAN “Sejarah Lahan, Transek dan Profil Petani ” Oleh: Kelompok 8 Febri Dwi Mulyanto 115040207111001 Farah Nabila 115040207111036 Hadi Suwitnyo 115040213111020 Hadi Susilo 115040213111030 Fitri Wahyuni 115040213111050 PROGRAM STUDI AGROEKOTEKNOLOGI FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS BRAWIJAYA MALANG 2013

Posted by on October 21, 2014

PROFIL PETANI

Nama                           :  Sulis Setyawati

Umur                           : 27 tahun

Pekerjaan                     : Ibu Rumah Tangga

Luas Lahan                 : 3000m2

Penghasilan                 : 12 juta/3000m2

Komoditas                  : Jagung

Biaya Pegolahan         : 3 juta/3000m2

SEJARAH LAHAN

Lahan seluas 3000mini dibeli sejak 30 tahun yang lalu, dan sejak lahan tersebut belum menjadi milik ibu Sulis lahan tersebut ditanami komoditas jagung. Dan saat lahan tersebut menjadi milik ibu sulis, lahan tersebut ditanami komoditas yang sama yaitu jagung. Hingga saat ini lahan tersebut tetap ditanami jagung. Dan hasil produksi yang diperoleh dari jagung tidak menentu  tergantung musim.

TRANSEK

Pada lahan seluas 3000m2 hanya ditanami jagng secara monokultur selama 30 tahun hingga sekarang, dan tidak pernah dilakukan rotasi tanaman ataupun polikultur.

 

Transek lahan

Sejarah Pertanian Jagung

Jagung (Zea mays L.) yang masih satu keluarga dengan gandum dan padi merupakan tanaman asli benua Amerika.Selama ribuan tahun,tanaman ini menjadi makanan pokok suku indian si Amerika.Christopher Colombus merupakan orang yang berjasa menyebarkan jagung keseluruh dunia.Setelah menemukan benu Amerika secara tidak sengaja pada tahun 1492,saat kembali kenegara asalnya,Spanyol,Colombus membawa tanaman jagung dan beberapa tanaman asli lainnya dari benua tersebut,seperti cabai dan tomat. Sejak itulah tanaman jagung menyebar keseluruh penjuru dunia dan di budidayakan oleh para petani dibanyak negara.

Di Indonesia,jagung pertama kali datang pada abad 17,dibawa oleh bangsa portugis.Sejak kedatangannya,tanaman ini menjadi tanaman pangan utama kedua setelah padi yang ditanam hampir oleh petani nusantara.Bagi petani yang mengalami kegagalan panen padi karena hama,menanam jagung menjadi alternatif untuk mendapatkan keuntungan atau minimal menutup kerugian.

Lama kelamaan,jagung menjadi terkenal dan semakin di gemari orang,bahkan pulau madura jagung menjadi makanan pokok masyarakat setempat.Nilai ekonomis jagung pun meningkat tajam sehingga menanam jagung tidak lagi hanya menjadi alternatif pengganti padi,tetapi sudah menjadi pilihan utama bagi banyak petani Indonesia.Di beberapa daerah,bertanam jagung bahkan lebih menguntungkan daripada menanam padi.Daerah sentra penghasil jagung di Indonesia antara lain Jawa timur,Jawa tengah,Jawa Barat,Madura,Nusa Tenggara Timur,Lampung,dan sulawesi.

Tanaman jagung relatif lebih mudah dibudidayakan,gampang perawatannya,serta sangat cocok dengan kondisi iklim dan cuaca di Indonesia.Awalnya,benih yang digunakan para petani open polineted (OP)yang merupakan benih hasil persilangan terbuka dua galur murni atau lebih yang terjadi dengan bantuan angin atau serangga.Benih OP biasanya diambil dari biji jagung hasil panen musim tanam sebelumnya.Sifat dari induk benih OP ini masih ada sampai dengan keturunan kelima.

Seiring bergulirnya waktu,perkembangan budidaya jagung di Indonesia mengalami kemajuan pesat.Salah satu nya adalah penggunaan benih jagung hibrida,disamping benih OP yang telah lama digunakan.Namun,berbeda dengan benih OP,benih jagung hibrida berasal dari persilangan yang dilakukan oleh manusia sehingga memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan benih OP.

Keunggulan benih jagung hibrida antara lain tahan terhadap jenis penyakit tertentu,masa panennya lebih cepat,dan kualitas dan kuantitas produksinya lebih baik.Bahkan,ada jagung hibrida yang bisa mengeluarkan tongkol jagung kembar sehingga hasil panen berlipat ganda.Sayangnya,benih jagung hibrida hanya bisa ditanam satu musim tanam karena turunannya tidak lagi memiliki sifat unggul dari sang induk.

Sejak munculnya benih jagung hibrida,makin banyak varietas-varietas jagung yang diciptakan dengan berbagai macam keunggulan.Keadaan tersebut memudahkan para petani untuk memilih varietas jagung yang akan ditanam.Penanaman tersebut disesuaikan dengan kondisi lingkungan lahan tanam yang ada.

Saat ini,selain untuk konsumsi manusia,jagung juga dapat dimanfaatkan sebagai pakan ternak unggas seperti ayam,bebek,dan ternak ruminansia seperti sapi,domba serta babi.Bahkan dinegara-negara maju,sari pati jagung diolah menjadi gula rendah kalori dan ampasnya diolah menjadi alkohol dan monosodium glutamat.