browser icon
You are using an insecure version of your web browser. Please update your browser!
Using an outdated browser makes your computer unsafe. For a safer, faster, more enjoyable user experience, please update your browser today or try a newer browser.

BUSINESS PLAN SIAM UB (Siomay Bayam Unik dan Bergizi) UNIVERSITAS BRAWIJAYA FAKULTAS PERTANIAN PROGRAM STUDI AGROEKOTEKNOLOGI MALANG 2013

Posted by on October 21, 2014

Nama Kelompok:

RIZKY MAULIDINA 115040200111024
GETHAR WINDI APRILIA 115040200111053
FERRY SINGGIH P. 115040200111056
FI`LIYAH 115040200111076
GHASSANI ANGGIAH .P 115040200111082
FAJAR RIZKI ILLAHI 115040200111118
FARHADZ FADHILLAH S 115040200111126
FATKUN NI`MAH 115040200111136
FAURIZAL ARIF 115040200111138
FARID RISKY NORIS S 115040201111003
ANISA AFISUNANI 115040201111011
Freta Kirana Balladona 115040201111018
CYNTIA YOLANDA APRISCIA 115040201111027
Akbar Hidayatullah Zaini 115040201111031
SUWANTI 115040201111033
AKBAR SAITAMA 115040201111037
RACHMATIKA LAUCHUL MACHFIDHA 115040201111040
FANGGA RATAMA CAMADA 115040201111074
Fitri Kusuma Wati 115040201111099
FARID MUFTI ARDIYANTO 115040201111104
Fefri Nurlaili Agustin 115040201111105
FITRI AMANIYAH 115040201111124
FEBRINA DWI P 115040201111140
HAKIIM KURNIAWAN HIDAYAT 115040201111160
FIRNADO GINTING 115040201111164
FIRDAUS AULIYA RAHMAH 115040201111179
FEBRI MUKTI PRAMADHANI 115040201111190
GADANG CAHYA BIMA 115040201111207
GUINDAHNAWANINGTYAS SELGIS APRILIA 115040201111247
Fahrizal Kreshna Yudichandra 115040201111261
FARID ZAMRONI 115040201111288
FRETTY VIVIN VALENTIAH 115040201111321
FITA FITRIATUL WAHIDAH 115040201111336
Faranisa AV 115040201111343
FEBRI DWI MULYANTO 115040207111001
FARAH NABILA 115040207111036
Hadi Suwitnyo 115040213111020
Hadi Susilo 115040213111030
GIRI LASMONO 115040213111031
Fitri Wahyuni 115040213111050

 

KATA PENGANTAR

Allhamdullilah puji dan syukur saya panjatkan kepada Allah  SWT, yang telah memberikan segala nikmat kepada kita semua. Mudah- mudahan kita termasuk orang- orang yang diridhoi-Nya.Amiin.

Shalawat serta salam  selalu tercurah kepada junjungan kita semua yakni Nabi Muhammad SAW, kepada keluarganya, sahabatnya dan kepada kita semua, mudah- mudahan kita semua termasuk orang- orang yang diberikan safaatnya. Amiin.

Mempunyai tubuh sehat adalah keinginan semua orang, namun pada kenyataannya banyak orang tidak bisa memilih makanan yang bergizi dan sehat bagi tubuh. Karena itu kami berencana untuk membuat usaha di bidang makanan yaitu “SIAM UB (Siomay Bayam Unik dan Bergizi ”.Terlihat sekali peluang yang begitu baik dalam usaha makanan ini.Selain mengenyangkan perut, siomay bayam juga memiliki nilai gizi yang cukup tinggi. Sayur bayam  merupakan salah satu sayuran Indonesia yang banyak di minati semua kalangan karena gizi yang terkandung di dalamnya melimpah.

Mudah- mudahan dengan adanya usaha ini bisa membantu menjadikan masyarakat Indonesia lebih sehat dan mudah- mudahan usaha ini bisa maju dan menyerap tenaga kerja di  Indonesia sehingga membantu mengurangi pengangguran di Indonesia.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. 2.      PENDAHULUAN

 

 

2.1  Data Perusahaan

Dewasa ini menjadi wirausaha merupakan sebuah solusi yang paling efektif untuk mengurangi jumlah penganguran dan menciptakan lapangan pekerjaan.Wirausaha merupakan wujud nyata dari sebuah perubahan dalam menata kehididupan yang lebih baik.Di Indonesia tercatat masih tingginya angka pengangguran, padahal lahan pertanian menjadi salah satu kekayaan alam yang paling potensial dikembangkan.

Usaha  Segmen pasar yang dipilih dalam usaha ini adalah masyarakat menengah ke bawah. Karena segmen masyarakat menengah ke atas pada usaha ini sudah cukup banyak terutama di kota-kota besar sehingga pesaingnya lebih banyak dibandingkan dengan segmen pasar menengah ke bawah. Competitive advantage dalam usaha ini adalah differentiation maksudnya yaitu usaha ini merupakan usaha yang berbeda dari jenis usaha makanan lainnya karena fokus usaha ini adalah pada pengelolaan sayur mayur khsusnya bayam menjadi makanan dan minuman yang variatif dengan segmen pasar yang berbeda dari usaha yang sudah ada sehingga pesaing di usaha ini masih sedikit.

Dengan berlandasan beberapa hal tersebut dibentuklah sebuah usaha kecil menengah (UKM) yang kami berinama “CV. Mitra Bayam Nusantara”.Berikut adalah data perusahaan kami.

Nama perusahaan        : CV. Mitra Bayam Nusantara

Lokasi perusahaan       : Perumahan New Villa Bukit Sengkaling. C7.10, Malang

Produk utama              : SIAM UB (Siomay Bayam Unik Bermutu)

Produk sampingan      : DBD (Dawet Bayam Durja), Eskrim Bayam, Nugget Bayam, DOYAN (Donat Bayam Nikmat)

Berdiri                         : Desember 2013

Total pekerja               : 38 Orang

 

 

2.2Visi Misi

Dalam mencapai kesuksesan berwirausaha CV. Mitra Bayam Nusantara memiliki visi berikut.

Visi:

  1. Menciptakan menu makanan baru yang sehat dan bergizi
  2. Meningkatkan taraf hidup masyarakat

Dalam upaya mewujudkan tujuan yang ingin dicapai dalam visi perusahaan, CV. Mitra Bayam Nusantara memiliki misi sebagai berikut

Misi:

  1. Menyajikan menu sayur dan buah dengan tata cara penyajian yang menarik, enak, dan sehat  baik berupa makanan atau minuman
  2. Membuka lapangan pekrjaan dan mendorong msyrakat untuk berwirausaha.
  3. Pemasaran

 

 

1 

 

 

  1. 4.      Profil Perusahaan

4.1.1        Berdirinya Perusahaan

CV. Mitra Bayam Nusantara merupakan suatu tempat makan yang didesain bernuansa kafe akan tetapi sederhana. Warung sehat menjual minuman dan makanan khas Nusantara.  Makanan dan minuman disajikan dengan tata cara penyajian yang menarik. Tata cara penyajian diperhatikan mulai dari tempat makan seperti piring daun pisang, yang didesain unik dan menuncjukan kekayaan Indonesia, selain itu CV. Mitra Bayam Nusantara berorientasi juga pada pasara swalayan kecil yang menyediakan produk-produk olahan bayam yang sudah dalam bentuk makanan olahan setengah jadi dan bias dinikmati dikediaman konsumen.

Hal ini semuanya berguna untuk mendukung penyajian makanan dan minuman agar menarik untuk dimakan seperti susunan makanan, ataupun bentuk sayur dan buah yang dibentuk agar menarik.Namun juga dengan tidak melupakan rasa dan kualitas makanan dan minuman yang disediakan. Sayuranyang disediakan adalah sayuran yang dikembangkan dengan tidak menggunakan zat-zat kimiawi seperti pupuk atau pembasmi hama. Sayur dan buah dikembangkan dengan menggunakan pupuk alami juga pembasmi hama alami termasuk juga memperhatikan pengelolaan tanah agar nutrisi di dalam tanah tidak habis dengan menanam tanaman dengan jenis berbeda.

Perusahaan ini berdiri pada bulan Desember 2013, yang beralamatkan di Perumahan New Villa Bukit Sengkaling C7. 10. Landasan lokasi perusaahaan berdiri di wilayah tersebut, dimana wilayah Kec. Dau dan sekitarnya khususnya wilayah Perumahan Oma Campus masih minim tersedianya warung makan, café, dan sejenisnya serta swalayan yang menjual makanan olahan siap saji. Selain itu masyarakat yang mendiami daerah tersebut tergolong masyarakat yang memiliki jam kerja padat dengan demikian kesempatan utnuk menyedikan makanan bergizi masih minim. Sehingga, dalam jangkaun memperoleh keuuntungan dalam pemasaran dapat tercapai dari perusahaan ini.

4.1.2        Gambaran Produk

Produk yang dipasarkan oleh CV. Mitra Bayam Nusantara merupakan produk makan yang berasal dari bayam.Olahan makanan berupaka makanan khas Nusantara yang mencirikan kekayaan kuliner Indonesia.Produk utama dari perusahaan ini SIAM UB (Siomay Bayam Unik Bermutu) dimana siomay merupakan makanan khas Indoensia yang banyak diminati masyarakat Indonesia. CV. Mitra Bayam Nusantara, mengelola siomay berbeda dengan siomay umumnya. Siomay yang dibuat mengutamakan bayam sebagai bahan utama yang memiliki banyak kandungan gizi.Siomay yang terlihat hijau dengan berbagai variasi seperti siomay bayam tahu, siomay bayam kol, siomay bayam pangsit, serta berbagai variasi lainnya, yang menjadi salah satu daya tarik sendiri bagi konsumen.

 

4.2  Manajemen Organisasi

deskripsi

4.2.1        Struktur Organisasi

Keterangan: SV (Supervisor)

Gambar. Bagan Struktur Organisasi CV. Mitra Bayam Nusantara

4.2.2        Job Description

Dalam struktur keorganisasian CV. Mitra Bayam Nusantara, setiap fungsioner kerja memiliki wewenang sebagai berikut.

  1. Direksi: Dessy dan Deny sebagai badan pengawasan berjalannya kegiatan wirausaha yang berfungsi melindungi dan menjamin kebenaran hukum perusahaan.
  2. Direktur utama: Febri Dwi M, sebagai koordinator keorganisasian yang berfungsi sebagai motor penggerak perusahaan.
  3. Direktur pelaksana: Akbar Saitama, sebagai ketua pelaksana kerja dilapangan yang mengkoordinasikan kegiatan seluruh fungsi organisasi.
  4. Direktur personalia: Akbar Hidayatullah Z, sebagai ketua pelaksana dalam seleksi ketenaga kerjaan, menjamin serta menjaga hak-hak bagi tenaga kerja.
  5. Direktur keuangan: Fi’illyah, menjadi bagian dalam upaya menjaga keuangan dan keberlangsungan perusahaan.
  6. Menejer tenaga kerja: Hadi Susilo, penyedia dan pencari serta menjamin keselarasan hak sesuai dengan posisi ketenaga kerjaan. Dalam Divisi ketenga kerjaan dibagi atas bidang perlengkapan dan pengawasan.Bidang perlengkapan Gadang (supervisor) tenaga ahli yang membawahi penyediaan sarana dan prasana bagi pekerja, dimana dalam bidang ini memiliki anggota yaitu gema dan hakim. Sedangkan bidang pengawasan, Farid M (Supervisor) yang membawahi penjaminan hak serta mengawasi kewajiban pekerjaan setiap pekerja, dalam bidang ini memiliki anggota Fahrizal dan Getar.
  7. Menejer produksi: Fitri Kusuma, bertugas daam menjalankan proses produksi makanan olahan bayam, dengan supervisor Cintya, serta anggota Firda, Fitri W, Ghasani, Fajar.
  8. Menejer pemasaran: Farid Zamroni, bersama Farah (supervisor), serta Faranisa, Hadi SW, dan suwanty sebagai anggota yang bertugas sebagai pengerak keuangan dengan memasarkan hasil makanan olahan bayam.
  9. Menejer publikasi: Fatkun N, dangan Farhadz (supervisor), Febri M, Fernado sebagai anggota bertugas dalam proses pengenalan hasil produksi berupa iklan, logo, beserta keperluan publikasi lainnya.
  10. Menejer accounting: Frety V, Faurizal (supervisor), anggota Fita dan Annisa bertugas dalam merinci data keuangan baik pengeluran dan pemasukan perusahaaan.
  11. Menejer administrasi: Fefri, Freta (supervisor), Fitri A dan Febrina bertugas dalam pencatat seluruh kegiatan dan ketenaga kerjaaan dalam perusahaan.
  12. Menejer gudang: Fangga, Farid N (supervisor), Guindah dan Ferry sebagai pengelolaan penyimpanan hasil produksi sebelum dipasarkan.

 

4.3  Manajemen Pemasaran

4.3.1        Gambaran Umum Pasar (Stp)dibuat pertahapnya

Malang merupakan daerah penghasil sayuran yang cukup besar, hanya saja Malang selain daerah agribisnis juga sebagai daerah pariwisata, pendidikan, dan industry. Dilihat dari segi pariwisata banyak peluang pemasaran seperti menjadikan makankhas olahan bayam sebagai makan yang bias dinikmati wisatawan di tempat wisata. Selain itu kawasan pendidikan, Malang terkenal dengan berbagai Universitas besar yang kebanyakan pendatang atau anak kos. SIAM UB dalam Universitas Brawijaya menjadi salah satu icon utama, setiap mahasiswa memiliki akun dalam SIAM UB “Sistem Informasi Akademik Mahasiswa Universitas Brawijaya”, sehingga ketika pemasaran dilakukan akan membuat mahasiswa penasaran akan SIAM UB “Siomay Bayam Unik Bermutu”.

Kawasan industri dimalang banyak menelan waktu pekerja sehingga membuat pekerja sering sekali memilih makan cepat saji.Makanan cepat saji yang tersedia di berbagai pusat perbelanjaan sering kali mengabaikan mutu serta gizi. Sehingga bias dijadikan peluang bisnis memasarkan makanan olahan bayam pada masyrakat pekerja. Ditempat produksi wilayah Perumahaan New Villa Bukit Sengkaling (Oma Campus), Kec.Dau, banyak sekali masyarakat yang tinggal diwilayah tersebut merupakan pekerja atau masyarakat karir. Dimana masyarakat karir biasanya terbengkalai akan makanan dan minuma. Sehingga peluang untuk memberikan pengenalan makanan olahan serta pemasaran diwilayah produksi sangat besar.

4.3.2        Strategi Pemasaran Perusahaan Dan Pesaing (7p+Swot)jelasin pertahap

Beberapa strategi promosi yang dilakukan pada pemasaran produk dari CV. Mitra Bayam Nusantara, yaitu :

  1. Pemesanan makanan berat SIAM UB untuk makan di tempat selama satu bulan awal gratis minuman DBD.
  2. Penyebaran brosur dan leaflet di sekolah-sekolah, kampus dan factory outlet
  3. Pemasangan papan nama yang besar dengan nama ‘Mitra Bayam Nusantara’ yang besar dan berwarna cerah
  4. Promosi tak langsung diharapkan melalui penyebaran dari mulut ke mulut, khususnya melalui rekan-rekan dari pekerja.
  5. Pemasaran dengan paket makan dalam menu. Dimana paket tersebut dalam menu disebut Paket UB “Paket Untung Bayamp”

 

4.4  Proses Produksi ( masuk 5.2 di format baru)

Tambah penjelasan

4.4.1        Alat Dan Bahan (masuk 5.7)

Dalam proses awal perusahaan membutuhkan peralatan yang cukup besar dimana keperluan alat sebagai berikut.

Alat:

  1. Kompor gas
  2. Tabung gas
  3. Baskom
  4. Blender
  5. Panci
  6. Wajan
  7. Sendok
  8. Pisau

Dalam prsoes produksi makan SIAM UB yang telah dicoba untuk menghasilkan makan siomay dengan beberapa pariasi dibutuhkan bahan sebagai berikut.Cantumkan bahannya saja

  1. Bayam 5 ikat                                             Rp. 2000,-
  2. Usus 1 kg                                                  Rp. 5000,-
  3. Terigu 1 kg                                                Rp. 6000,-
  4. Kanji 1 kg                                                 Rp. 5000,-
  5. Bawang putih ¼ kg                                   Rp. 2000,-
  6. Daun bawang                                            Rp. 250,-
  7. Seledri                                                       Rp. 250,-
  8. Garam                                                       Rp. 500,-
  9. Tahu pong 30 buah                                   Rp. 5000,-
  10. Kacang tanag ¼ kg                                   Rp. 2500,-
  11. Gula merah                                                Rp. 500,-
  12. Kulit pangsit ¼ kg                                    Rp. 2000,-
  13. Kubis 1 kg                                                 Rp. 2000,-
  14. Bumbu-bumbuan                                      Rp. 1000,-+

Rp. 34.000,-

Dari bahan diatas hasil yang diapatkan dalam proses produksi SIAM UB “Siomay Bayam Unik Bermutu” sebagai berikut.

  1. Siomay bulat 50 buah
  2. Siomay tahu 30 buah
  3. Siomay pangsit 30 buah
  4. Siomay kubis 20 buah.

Dalam penjualan perbuah setiap item dijuan dengan harga Rp. 750,- sehingga didapat hasil keuntungan sebagai berikut.

  1. Hasil produksi 130 buah @Rp. 750,-       Rp. 97.500,-
  2. Pengeluaran bahan                                    Rp. 34.000,-_

Rp. 63.500,-

Berdasarkan hasil tersebut dapat diketahuai persentase keuntungan dari penjualan SIAM UB sebagai berikut.

 

% Keuntunggan          = Untung x 100%

Modal

% Keuntunggan          =Rp. 63.500,- x 100% = 186,76 %

Rp. 34.000-

 

 

4.4.2        Alur Proses Produksi

 

Gambar. Proses Produksi

Aktivitas yang dilakukan meliputi proses mencari sayuran bayam serta bahan makanan dan minuman lainnya, proses memasak, dan proses penyajian. Sayur didapat dari petani yang menanam tanamannya secara alami.Petani seperti ini terdapat di lembang juga di sekitar Malang.Sehubungan tempat penjualan adalah di Malang, sehingga tempat penghasil bahan utama tidak begitu jauh dari tempat penjualan. Proses memasak makanan dilakukan dengan dua cara yaitu makanan dimasak terlebih dahulu dan makanan baru dimasak saat dipesan. Terakhir, proses penyajian adalah menyajikan hasil masakan berupa makanan atau minuman dengan wadah penyaji secara sederhana kepada pelanggan.

 

4.4.3        Penjelasan (Dari Alur Proses Produksi)dibikin bagan

Secara umum alur produksi sudah dijelaskan diatas. Naumun, proses memasak dalam produksi dilakuan dengan cara sebagai berikut.

  1. Semua bahan yang akan dipakai dijamin kehigienisannya.
  2. Bayam dan usus diblender setelah setengah halus masukan bawang putih 5 siung, garam secukupnya lalu diblender hingga merata.
  3. Masukan bahan yang telah diblender salam baskom, campur dengan sedikit air hangat, terigu, dan kanji serat irisan daun bawang dan seledri. buat hingga kalis.
  4. Siapkan panci pengukus.
  5. Pariasi pertama yaitu tahu pong diisi adonan siomay.
  6. Pariasi kedua kulit pangsit diisi adonan siomay.
  7. Pariasi ketiga kubis direbus, stelah setanha halus digulung bersamaan pemberia adonan siomay.
  8. Pariasi keempat siasa adonan sediki dikeraskan dengan penambahan kanji lalu dibuat bulatan seperti bakso dengan ditambahi tahu putih pada isiannya.
  9. Setelah siap dikukus.
  10. Untuk saus kacang. Kacang yang teah disangrai diblender bersama gula merah, garam secukupnya,cabai, kencur, bawang putih 3 siung.
  11. Hasil blender ditambah air dan dimasukan dalam panci dan ditambahi daun jeruk serta daun salam.

Setelah dua proses yaitu pencarian bahan dan pemasakan proses penyajian dilakuakan dengan cara tradisional. SIAM UB yang telah jadi

 

4.5  Manajemen Keuangan

Sumber Dana, Permintaan, Penawaran, Rencana Penjualan Dan Pangsa Pasar, Inventaris Kantor, Kapasitas Produksi, Tanah Dan Bangunan, Pemasangan Sarana Penunjang (Ex : Listrik, Air, Tlp, Dll), Mesin Dan Peralatan, Bahan Baku Dan Bahan Pelengkap, Tenaga Kerja. , Biaya Umum (Pemeliharan Mesin, Dll) Analisis Biaya Tetap, Analisis Biaya Tidak Tetap, Analisis Keuntungan.


 

 

3. RENCANA DESAIN DAN PENGEMBANGAN

 

 

3.1 Tujuan Usaha Jangka Panjang

 

3.2 Evaluasi Risiko

 

3.3 Pengendalian Persediaan

Produk SIAM UB merupakan produk yang sangat tepat dan nikmat jika disajikan dalam kondisi hangat dan fresh, untuk mengatur persediaan agar tetap pada kondisi fresh kami membuat stok SIAM UB yang masih belum dimasak (dalam bentuk adonan jadi), jadi proses pemasakan dilakukan jika ada pesanan sesuai permintaan. Tempat penyimpanan SIAM UB pun akan dibuat sedemikian rupa agar produk tetap terjaga dengan baik, mulai dari kebersihan, suhu, dan kerapian. Kami akan menggunakan wadah khas jawa yang biasa disebut “bakul” atau “wakul”, dimana wadah tersebut terbuat dari bamboo sehingga bisa menjaga kealamian dan kebersihan produk.

 

3.4 Pasokan dan Distribusi

Perusahaan kami memiliki 38 anggota yang sangat bermutu dan berijiwa agribisnis sehingga kami mampu menyediakan pasokan produk yang kami buat. Produk kami sangat efisien dan cepat proses produksinya sehingga untuk tetap menjaga pasokan produk, kami mengerhakan seluruh anggota untuk selalu menjaga pasokan SIAM UB. Untuk pendistribusian yang kami lakukan yaitu dengan langkah awal yaitu promosi dengan berbagai promo paket, pelayanan yang nyaman dan cepat, harga terjangkau, dan rasa yang menggugah selera, ketika sudah mendapatkan banyak pelanggan kami akan mengembangkan usaha kami dengan sistem distribusi “Delivery Order” untuk pemesanan produk yang sudah matang, dan sistem distribusi kea gen-agen untuk pemesanan produk mentah.

 

 

LAMPIRAN

 

 

  1. 1.      Logo Perusahaan

 

 

  1. 2.    Brosur

 

 

 

 

  1. 3.                  Pamflet

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DOKUMENTASI

 

 

 

(a)

 

 

 

Keterangan

a)