browser icon
You are using an insecure version of your web browser. Please update your browser!
Using an outdated browser makes your computer unsafe. For a safer, faster, more enjoyable user experience, please update your browser today or try a newer browser.

Kisi Kisi Manajemen Hama Penyakit Terpadu

Posted by on January 17, 2014
  1. Definisi agroekosistem

Agroekosistem adalah sistem interaksi antara manusia dan lingkungan biofisik, sumber daya pedesaan dan pertanain guna meningkatkan kelangsungan hidup penduduknya

  1. Jelaskan hubungan antara unsur -unsur agroekosistem
  2. Pengertian OPT

semua organisme yang dapat menyebabkan penurunan potensi hasil yang secara langsung karena menimbulkan kerusakan fisik, gangguan fisiologi dan biokimia, atau kompetisi hara terhadap tanaman budidaya.

  1. Jelaskan peran musuh alami dalam mengendalikan hama
  • Efektifitas tinggi
  • Tersedia dialam
  • Dapat berkembang biak dan menyebar
  • Tidak menimbulkan resistensi serangga inang
  • Pengendalian berjalan dengan sendirinya
  • Tidak ada pengaruh samping yang buruk

 

  1. Tujuan dari analisis agroekosistem

Analisis agroekosistem merupakan hal baru yang dikembangkan untuk memperbaiki kapasitas kita dalam melihat persoalan-persoalan yang muncul dari penerapan berbagai teknologi di bidang pertanian. Khususnya persoalan yang muncul sejak Revolusi Hijau.

  1. Menurut kalian apa saja indikator suatu agroekosistem dapat dikatakan sehat. Berikan contoh gambaran keadaan agroekosistemnya di lahan

Sistem pertanian dengan cara Agroforestry di daerah Ngantang tersebut merupakan salah satu contoh pengelolaan agroekosistem yang sehat karena secara umum menurut (Satjapradja, 1981) metode penggunaan lahan tersebut berfungsi secara optimal, yang mengkombinasikan sistem-sistem produksi biologis yang berotasi pendek dan panjang (suatu kombinasi-kombinasi produksi kehutanan dan produksi biologis lainnya) dengan suatu cara berdasarkan azas kelestarian, secara bersamaan atau berurutan, dalam kawasan hutan atau diluarnya, dengan bertujuan untuk mencapai kesejahteraan rakyat.

  1. Menurut kalian apa saja indikator suatu agroekosistem dapat dikatakan buruk. Berikan contoh gambaran keadaan agroekosistemnya di lahan
  2. Pengertian pestisida

bahan yang digunakan untuk mengendalikan, menolak, atau membasmi organisme pengganggu. Nama ini berasal dari pest (“hama“) yang diberi akhiran -cide (“pembasmi”). Sasarannya bermacam-macam, seperti serangga, tikus, gulma, burung, mamalia, ikan, atau mikrobia yang dianggap mengganggu

  1. Jelaskan macam pestisida berdasarkan cara kerjanya

a. Penyemprotan (Spraying )
Penyemprotan adalah cara penggunaan pestisida yang paling banyak dipakai oleh petani. Diperkirakan 75 % penggunaak pestisida dilakukan dengan cara penyemprotan. Dalam penyemprotan larutan pestisida ( pestisida diatambah air ) dipecah oleh nozzel ( spuyer ) atau atomizer menjadi butiran semprot atau droplet. Bentuk sediaan ( formulasi ) yang digunakan dengan cara penyemprotan meliputi E.C; W.P; WS atau SP. Sedangkan penyemprotan dengan volume ultra rendah ( Ultra low volume ) digunakan formulasi ULV. Dengan menggunakan alat khusus yang disebut mikroner.

b. Pengasapan atau Fogging.
Pengasapan adalah penyemprotan pestisida dengan volume rendah dengan ukuran droplet yang halus. Perbedaannya dengan penyemprotan biasa adalah yang dibuat pencampur pestisida adalah minyak solar dan bukan air. Campuran tersebut kemudian dipanaskan sehingga menjadi semacam kabut asap yang kemudian dihembuskan. Fogging banyak digunakan untuk mengendqlikan hama gudang, hama tanaman perkebunan serta vektor penyakit dilingkungan misalnya untuk mengendalikan nyamuk malaria.

c. Penghembusan (Dusting )
Penghembusan merupakan cara penggunaan pestisida yang diformulasikan dalam bentuk tepung hembus ( D, dust) dengan menggunakan alat penghembus ( duster ). Jadi penggunaannya dalam bentuk kering.

d. Penaburan ( broadcasting ) pestisida butiran ( Granuler )
Penaburan pestisida butiran adalah cara penggunaan pestisida yang diformulasikan dalam bentuk butiran dengan cara ditaburkan. Penaburan dapat dilakukan dengan tanganlangsung atau dengan menggunakan alat penabur ( granule broadcaster ).

e. Perawatan benih ( Seed dressing , Seed treatment, Seed coating )
Perawatan benih adalah cara penggunaan pestisida untuk melindung benih sebelum benih ditanam agar kecambah dan tanaman muda tidak diserang oleh hama atau penyakit. Pestisida yang digunakan adalah formulasi SD atau ST.

f. Pencelupan (Dipping ).
Pencelupan adalah penggunaan pestisida untuk melindung tanaman (bibit, cangkok, stek )agar terhindar dari serangan hama maupun penyakit. Pencelupan dilakukan dengan mencelupkan bibit atau stek ke dalam larutan pestisida.

g. Fumigasi ( Fumigation )
Fumigasi adalah aplikasi pestisida fumigan baik yang berbentuk padat, cair maupun gas dalam ruangan terttutup. Fumigasi umumnya digunakan untuk melindungi hasil panen dari kerusakan karena serangan hama atau penyakit ditempat penyimpanan. Fumigan dimasukkab ke dalam ruangan gudang yang selanjutnya akan berubah kedalam bentuk gas ( fumigan cair maupun padat ) yang beracun untuk membunuh OPT sasaran yang ada dalam ruangan tersebut.

h. Injeksi
Injeksi adalah penggunaan pestisida dengan cara memasukkan kedalam batang tanaman, baik dengan alat khusus ( injeksi ataupun infus ) maupun dengan jalan mengebor tanaman. Pestisida yng diinjeksikan akan tersebar keseluruh tanaman bersamaan dengan aliran makanan dalam jaringan tanaman. Injeksi dapat juga digunakan untuk sterilisasi tanah.

i. Penyiraman ( drenching, Pouring On ).
Penyiraman adalah penggunaan pestisida dengan cara dituangkan disekitar akar tanaman untuk mengendalikan hama atau penyakit di daerah perakaran atau dituangkan pada sarang semut atau sarang rayap.

  1. Sebutkan min 3 contoh hama yang dapat dikendalikan dengan pestisida sistemik
  2. Jelaskan hubungan pestisida dengan akar dan jaringan tanaman (Pestisida yng diinjeksikan akan tersebar keseluruh tanaman bersamaan dengan aliran makanan dalam jaringan tanaman.)
  3. Jelaskan hubungan pestisida dengan musuh alami (penggunaan pestisida yang berlebihan juga dapat menurunkan populasi musuh alami yang disemprot pada lahan tersebut.)
  4. Definisi hama,penyakit, dan musuh alami

Hama : hewan yang menyebabkan kerusakan pada tanaman melebihi ambang batas ekonomi

Penyakit : pathogen yang menyerang tanaman dan menimbulkan kerusakan

Musuh alami : organisme yang dapat menekan pertumbuhan hama

  1. Sebutkan nama ilmiah dari hama dan penyakit apa saja yang kalian temukan di lahan
  2. Nama ilmiah dari kumbang kubah spot O dan kumbang kubah spot M dan apa perannya di lahan Menochilus sexmaculatus
  3. Berikan min 2 contoh nama musuh alami dan hama yang dikendalikannya
  4. Rekomendasi kalian setelah menganalisis agroekosistem di lahan masing-masing
  5. Kesimpulan dari praktikum akar dan jaringan tanaman

Kangkung yang dicelupkan dan direndam didalam air yang berisi pewarna makanan hanya berhasil terseerap pada bagian akarnya saja

  1. Menurut kalian bagaimana strategi yang tepat untuk menciptakan agroekosistem yang sehat

Mulai dari penggunaan bibit yang baik dan bebas dari hama lalu melakukan pengolahan tanah yang tidak berlebihan, melakukan budidaya yang tepat dan waktu tanam yang tepat serta lebih menggunakan pengendalian hayati dalam mengendalikan hama dan penyakit yang menyerang

  1. Apa yang dimaksud dengan akropetal dan basipetal
  2. Jelaskan siapa saja yang terkena dampak negative dari penggunaan pestisida (petani dan lingkungannya)
  3. Menurut kalian siapa yang beresiko paling tinggi terkena dampak negative dari penggunaan pestisida. Beri alasan yang tepat

petani, karena petanilah yang setiap hari bersentuhan langsung dengan pestisida dan tidak menggunakan alat pengaman dari semprotan air pestisida. Paparan pestisida dapat menyebabkan efek yang bervariasi, mulai dari iritasi pada kulit dan mata hingga efek yang lebih mematikan yang mempengaruhi kerja syaraf, mengganggu sistem hormon reproduksi, dan menyebabkan kanker.[37] Sebuah studi pada tahun 2007 pada limfoma non-Hodgkin dan leukimia menunjukan hubungan positif dengan paparan pestisida

  1. Bagaimana keadaan agroekosistem di lahan yang kalian amati. Jelaskan
  2. Jenis hama yang tepat untuk dikendalikan dengan pestisida sistemik. Berikan contoh dan nama ilmiahnya
  3. Gejala dan tanda dari hama maupun penyakit yang kalian temukan di lahan.
  4. Sebut dan jelaskan macam-macam musuh alami ! dan berikan contoh

predator / Pemangsa :Adalah binatang ( serangga, laba-laba dan binatang lain ) yang memburu, memakan atau menghisap cairan tubuh binatang lain sehingga menyebabkan kematian. Kadang-kadang disebut “ predator” Pemangsa berguna karena memakan hama tanaman. Semua laba-laba dan capung merupakan contoh pemangsa.

Parasitoid : Adalah serangga yang hidup sebagai parasit di dalam atau pada tubuh serangga lain ( serangga inang ), dan membunuhnya secara pelan-pelan. Parasitoid berguna karena membunuh serangga hama. Ada beberapa jenis tawon (tabuhan) kecil sebagai parasitoid serangga hama . Parasitoid yang aktif adalah stadia larva sedangkan imago hidup bebas bukan sebagai parasit dan hidupnya dari nectar, embun madu, air dll.

Patogen : Adalah Mikroorganisme yang dapat memnyebabkan infeksi dan menimbulkan penyakit terhadap OPT. Secara spesifik mikroorganisme yang dapat menimbulkan penyakit pada serangga disebut entomopathogen, patogen berguna karena mematikan banyak jenis serangga hama tanaman, seperti jamur, bakteri dan virus. Patogen yang bisa mengendalikan hama dan penyakit disebut sebagai Pestisida Mikroba.

  1. Sebutkan macam-macam musuh alami di alam !! (laba-laba, capung, kumbah kubah spot m, Beauveria bassiana)
  2. Proses air yang keluar melalui ujung daun pada sore hari disebut gutasi

hasil dari serapan akar yang di bawa oleh jaringan silem maupun floem dalam mobilitas metabolisme tanaman, terutama pada proses respirasi ( pernapasan) kebalikan dari proses fotosintat. Dari jaringan angkut yang di wakili oleh akar batang dan daun ini membawa partikel air dan hara dari dalam media yang tersedia, berupa kation-kation dari unsur gizi tanaman C,H,N,S,P,O,K dan lainnya berupa mineral, termasuk sebagian besar berupa mineral air. Sehingga ketika kandungan air tadi sampai pada jaringan daun, maka stomata daun akan menerima rangsangan dari tekanan angkut oleh proses respirasi, perlu di ingat bahwa hukum yang berlaku adalah pengaruh osmosis dari suhu lingkungan yang beda ekstrim.

  1. Sebutkan faktor-faktor didalam agroekosistem serta berikan contoh masing-masing minimal 2 !
  2. Sebutkan agen hayati (bakteri, jamur) minimal dua !

Beauveria bassiana, Trichogramma sp.

  1. Jelaskan agroekosistem yang baik dan berkelanjutan itu seperti apa !!

metode penggunaan lahan tersebut berfungsi secara optimal, yang mengkombinasikan sistem-sistem produksi biologis yang berotasi pendek dan panjang (suatu kombinasi-kombinasi produksi kehutanan dan produksi biologis lainnya) dengan suatu cara berdasarkan azas kelestarian, secara bersamaan atau berurutan, dalam kawasan hutan atau diluarnya, dengan bertujuan untuk mencapai kesejahteraan rakyat.

  1. Sebutkan perbedaan agroekosistem dengan ekosistem !

dalam agroekosistem sumber energy tidak hanya terbatas pada sinar matahari, air dan nutrisi tanah, akan tetapi juga berasal dari sumber-sumber lain yang sudah dikonsolidasikan oleh manusia, seperti pupuk, pestisida, teknologi dan lain sebagainya. Hal lain yang membedakan adalah tingkat keanekaragaman hayati pada agroekosistem cenderung rendah, didominasi oleh varietas-varietas yang seragam, serta kontrol dikendalikan oleh faktor eksternal, dalam hal ini manusia, bukan oleh feedback system sebagaimana yang terjadi pada ekosistem alam

  1. Jaringan tanaman yang berfungsi mengangkut air dari tanah menuju seluruh bagian tanaman adalah (xylem dan floem )
  2. Apa yang dimaksut dengan rantai makanan ? berikan contohnya

Rantai makanan: proses makan memakan yang saling berhubungan

 

  1. Sebut dan jelaskan mekanisme antagonis !

mengintervensi/menghambat pertumbuhan patogen penyebab penyakit pada tumbuhan

  1. Apa yang menyebabkan terjadinya peledakan hama di lahan pertanian ??

Adanya makanan bagi hama yang melimpah dan tidak adanya pengendalian pada hama tersebut yang tepat sasaran.

  1. Jelaskan perbedaan floem dan xilem!

Xylem :
• Memiliki  struktur  yang  meliputi  berkas  pengangkut
dan  trakeid  yang memiliki dinding sel tebal mengandung  lignin.
•Funginya : mengangkut air dari akar hingga ke daun.

Floem :
• Floem tersusun atas parenkim floem, serabut floem,
pembuluh tapis, selpengiring (angiospermae).
•Memiliki fungsi : mengangkut hasil fotosintesis dari daun
ke seluruh tubuh.

  1. Sebutkan prinsip PHT !

Prinsip-prinsip PHT yang dijadikan dasar ada empat, yakni
(1) budidaya tanaman sehat,
(2) pelestarian dan pemanfaatan musuh alami,
(3) pengamatan/pemantauan lahan secara berkala (pengamatan rutin),
(4) petani sebagai ahli PHT di lahannya.

  1. Jelaskan mekanisme terserapnya air tanah dan proses translokasi air keseluruh bagian tanaman!

Pergerakan air dalam tubuh tanaman pada daun dimulai dari pengangkutan air oleh tulang daun, sel mesofil, dan epidermis. Pengangkutan air menuju epidermis lebih tinggi melalui palisade daripada spons. Apabila air berkurang, mereka mendapat air dari jaringan penyimpan air, sel penyimpan air berdinding tipis dan sel kembali tidak mengkerut apabila pasokan air baik. Pengurangan kecepatan transpirasi pada daun memungkinkan pengurangan ukuran daun

  1. Sebutkan pengertian hama, penyakit dan musuh alami

Hama : hewan yang menyebabkan kerusakan pada tanaman melebihi ambang batas ekonomi

Penyakit : pathogen yang menyerang tanaman dan menimbulkan kerusakan

Musuh alami : organisme yang dapat menekan pertumbuhan dan jumlah hama

  1. Pengertian agroekosistem adalah

Agroekosistem adalah sistem interaksi antara manusia dan lingkungan biofisik, sumber daya pedesaan dan pertanain guna meningkatkan kelangsungan hidup penduduknya

  1. Sebutkan langkah kerja dalam praktikum akar dan jaringan pengangkut tanaman!
    1. Siapkan alat dan bahan
    2. Buat larutan antara pewarna makanan dan air pada wadah gelas
    3. Masukkan kangkung tersebut ke dalam gelas yang berisi larutan
    4. Amati yang terjadi pada akar, batang dan daun kangkung setelah didiamkan selama 45 menit
    5. Dokumentasi hasil
    6. Sebutkan hama, penyakit, dan musuh alami yang ditemukan dalam praktikum bab hama dan penyakit tanaman tahunan (nama latin+nama indonesia)!
    7. Sebutkan tiga unsur ekosistem ! komponen biotik dan abiotik
    8. Sebutkan alat dan bahan yang dibutuhkan dalam bab akar dan jaringan pengangkut tanaman !

Air, pewarna makanan, kangkung, gelas, alat tulis

  1. Sebutkan hama dan penyakit yang ditemukan dalam bab analisa agroekosistem (nama latin+nama indonesia)!
  2. Sebut dan jelaskan macam-macam musuh alami ! dan berikan contoh

predator / Pemangsa :Adalah binatang ( serangga, laba-laba dan binatang lain ) yang memburu, memakan atau menghisap cairan tubuh binatang lain sehingga menyebabkan kematian. Kadang-kadang disebut “ predator” Pemangsa berguna karena memakan hama tanaman. Semua laba-laba dan capung merupakan contoh pemangsa.

Parasitoid : Adalah serangga yang hidup sebagai parasit di dalam atau pada tubuh serangga lain ( serangga inang ), dan membunuhnya secara pelan-pelan. Parasitoid berguna karena membunuh serangga hama. Ada beberapa jenis tawon (tabuhan) kecil sebagai parasitoid serangga hama . Parasitoid yang aktif adalah stadia larva sedangkan imago hidup bebas bukan sebagai parasit dan hidupnya dari nectar, embun madu, air dll.

Patogen : Adalah Mikroorganisme yang dapat memnyebabkan infeksi dan menimbulkan penyakit terhadap OPT. Secara spesifik mikroorganisme yang dapat menimbulkan penyakit pada serangga disebut entomopathogen, patogen berguna karena mematikan banyak jenis serangga hama tanaman, seperti jamur, bakteri dan virus. Patogen yang bisa mengendalikan hama dan penyakit disebut sebagai Pestisida Mikroba.

  1. Sebutkan macam-macam musuh alami di alam !!
  2. Proses air yang keluar melalui ujung daun pada sore hari disebut gutasi

hasil dari serapan akar yang di bawa oleh jaringan silem maupun floem dalam mobilitas metabolisme tanaman, terutama pada proses respirasi ( pernapasan) kebalikan dari proses fotosintat. Dari jaringan angkut yang di wakili oleh akar batang dan daun ini membawa partikel air dan hara dari dalam media yang tersedia, berupa kation-kation dari unsur gizi tanaman C,H,N,S,P,O,K dan lainnya berupa mineral, termasuk sebagian besar berupa mineral air. Sehingga ketika kandungan air tadi sampai pada jaringan daun, maka stomata daun akan menerima rangsangan dari tekanan angkut oleh proses respirasi, perlu di ingat bahwa hukum yang berlaku adalah pengaruh osmosis dari suhu lingkungan yang beda ekstrim.

 

  1. Sebutkan faktor-faktor didalam agroekosistem serta berikan contoh masing-masing minimal 2 !
  2. Sebutkan agen hayati (bakteri, jamur) minimal dua ! (Beauveria bassiana, Trichogramma sp.)
  3. Jelaskan agroekosistem yang baik dan berkelanjutan itu seperti apa !!

metode penggunaan lahan tersebut berfungsi secara optimal, yang mengkombinasikan sistem-sistem produksi biologis yang berotasi pendek dan panjang (suatu kombinasi-kombinasi produksi kehutanan dan produksi biologis lainnya) dengan suatu cara berdasarkan azas kelestarian, secara bersamaan atau berurutan, dalam kawasan hutan atau diluarnya, dengan bertujuan untuk mencapai kesejahteraan rakyat.

  1. Sebutkan perbedaan agroekosistem dengan ekosistem !

dalam agroekosistem sumber energy tidak hanya terbatas pada sinar matahari, air dan nutrisi tanah, akan tetapi juga berasal dari sumber-sumber lain yang sudah dikonsolidasikan oleh manusia, seperti pupuk, pestisida, teknologi dan lain sebagainya. Hal lain yang membedakan adalah tingkat keanekaragaman hayati pada agroekosistem cenderung rendah, didominasi oleh varietas-varietas yang seragam, serta kontrol dikendalikan oleh faktor eksternal, dalam hal ini manusia, bukan oleh feedback system sebagaimana yang terjadi pada ekosistem alam

  1. Jaringan tanaman yang berfungsi mengangkut air dari tanah menuju seluruh bagian tanaman adalah (xylem dan floem)
  2. Apa yang dimaksut dengan rantai makanan ? berikan contohnya

Rantai makanan: proses makan memakan yang saling berhubungan

 

 

  1. Sebut dan jelaskan mekanisme antagonis ! (mengintervensi/menghambat pertumbuhan patogen penyebab penyakit pada tumbuhan)
  2. Apa yang menyebabkan terjadinya peledakan hama di lahan pertanian ?? ( adanya makanan melimpah bagi hama dan tidak adanya pengendalian yang tepat sasaran )
  3. Jelaskan perbedaan floem dan xilem!

Xylem :
• Memiliki  struktur  yang  meliputi  berkas  pengangkut
dan  trakeid  yang memiliki dinding sel tebal mengandung  lignin.
•Funginya : mengangkut air dari akar hingga ke daun.

Floem :
• Floem tersusun atas parenkim floem, serabut floem,
pembuluh tapis, selpengiring (angiospermae).
•Memiliki fungsi : mengangkut hasil fotosintesis dari daun
ke seluruh tubuh.

  1. Sebutkan prinsip PHT !

Prinsip-prinsip PHT yang dijadikan dasar ada empat, yakni
(1) budidaya tanaman sehat,
(2) pelestarian dan pemanfaatan musuh alami,
(3) pengamatan/pemantauan lahan secara berkala (pengamatan rutin),
(4) petani sebagai ahli PHT di lahannya.

  1. Jelaskan mekanisme terserapnya air tanah dan proses translokasi air keseluruh bagian tanaman!

Pergerakan air dalam tubuh tanaman pada daun dimulai dari pengangkutan air oleh tulang daun, sel mesofil, dan epidermis. Pengangkutan air menuju epidermis lebih tinggi melalui palisade daripada spons. Apabila air berkurang, mereka mendapat air dari jaringan penyimpan air, sel penyimpan air berdinding tipis dan sel kembali tidak mengkerut apabila pasokan air baik. Pengurangan kecepatan transpirasi pada daun memungkinkan pengurangan ukuran daun

  1. Sebutkan pengertian hama, penyakit dan musuh alami!

Hama : hewan yang menyebabkan kerusakan pada tanaman melebihi ambang batas ekonomi

Penyakit : pathogen yang menyerang tanaman dan menimbulkan kerusakan

Musuh alami : organisme yang dapat menekan pertumbuhan hama

  1. Pengertian agroekosistem adalah

Agroekosistem adalah sistem interaksi antara manusia dan lingkungan biofisik, sumber daya pedesaan dan pertanain guna meningkatkan kelangsungan hidup penduduknya

  1. Sebutkan langkah kerja dalam praktikum akar dan jaringan pengangkut tanaman!
    1. Siapkan alat dan bahan
    2. Buat larutan antara pewarna makanan dan air pada wadah gelas
    3. Masukkan kangkung tersebut ke dalam gelas yang berisi larutan
    4. Amati yang terjadi pada akar, batang dan daun kangkung setelah didiamkan selama 45 menit
    5. Dokumentasi hasil
    6. Sebutkan hama, penyakit, dan musuh alami yang ditemukan dalam praktikum bab hama dan penyakit tanaman tahunan (nama latin+nama indonesia)!
    7. Sebutkan tiga unsur ekosistem ! komponen biotik dan abiotik
    8. Sebutkan alat dan bahan yang dibutuhkan dalam bab akar dan jaringan pengangkut tanaman ! (air, pewarna makanan, kangkung, gelas)
    9. Sebutkan hama dan penyakit yang ditemukan dalam bab analisa agroekosistem (nama latin+nama indonesia)!
    10. Apa yang dimaksud dengan pengendalian hayati? (Merupakan taktik pengelolaan hama secara sengaja dengan memanfaatkan atau memanipulasi musuh alami/agens hayati untuk menekan atau mengendalikan OPT)
    11. Kapan dilakukan pengendalian OPT pada proses budidaya?
    12. Apa yang dimaksud dengan Ambang Ekonomi? Ambang Ekonomi adalah batas populasi hama atau kerusakan oleh hama yang digunakan sebagai dasar untuk digunakannya pestisida. Diatas AE populasi hama telah mengakibatkan kerugian yang nilainya lebih besar daripada biaya pengendalian.
    13. Faktor-faktor apakah yang mempengaruhi nilai Ambang Ekonomi?
    14. Jelaskan apa yang dimaksud dengan PHT? Konsep pengendalian hama dan penyakit tanaman yang aman bagi lingkungan
    15. Sebutkan prinsip-prinsip PHT?

Prinsip-prinsip PHT yang dijadikan dasar ada empat, yakni
(1) budidaya tanaman sehat,
(2) pelestarian dan pemanfaatan musuh alami,
(3) pengamatan/pemantauan lahan secara berkala (pengamatan rutin),
(4) petani sebagai ahli PHT di lahannya.

  1. Sebutkan macam-macam pengendalian OPT dan masing-masing berikan contohnya?
  2. Apa yang dimaksud dengan resistensi dan resurgensi? Resistensi merupakan penurunan kepekaan Organisme Pengganggu Tanaman (OPT) dari yang peka terhadap pestisida menjadi kurang peka dan akhirnya kebal. Resurgensi hama adalah peristiwa peningkatan populasi hama sasaran lebih tinggi daripada tingkat populasi sebelumnya sehingga jauh melampaui ambang ekonomi setelah diberikan pestisida tertentu.
  3. Sebutkan mikro organism penyebab penyakit pada tanaman budidaya hortikultura yang Anda amati?  Bagaimana gejalanya?
  4. Sebutkan hama penting pada tanaman budidaya tahunan yang amati? Bagaimana dan jelaskan tanda-tandanya?
  5. Rekkomendasi apa yang Anda berikan kepada petani yang Anda survey lahannya untuk mengendalikan Hama Penyakit Penting Tanaman selain menggunakan pestisida? (bedakan tanaman semusim dengan tanaman tahunan)
  6. Sebutkan pengklasifikasian pestisida berdasarkan jenis sasarannya? (minimal 10 macam)
  • Berdasarkan OPT sasarannya, pestisida dikelompokkan menjadi beberapa jenis, yaitu :
    • Insektisida, yang digunakan untuk mengendalikan hama erupa serangga. Kelompok insektisida dibedakan menjadi dua, yaitu ovisida (mengedalikan telur serangga) dan larvisida (mengendalikan larva serangga.
    • Akarisida, yang digunakan untuk mengendalikan akarina (tungaatau mites).
    • Moluskisida, yang digunakan untuk mengendalikan hama dari bangsa siput (moluska).
    • Rodentisida, yang digunakan untuk mengendalikan hewan pengerat (tikus)
    • Namatisida, digunakan untuk mengendalikan nematoda.
    • Fungisida, digunakan untuk mengendalikan penyakit tanaman yang disebabkan oleh cendawan (jamur atau fungi)
    • Bakterisida, digunakan untuk mengendalikan penyakit tanaman yang disebabkan oleh bakteri.
    • Herbisida, digunakan untuk mengendalikan gulma (tumbuhan pengganggu).
    • Algisida, digunakan untuk mengendalikan ganggang (algae).
    • Piskisida, digunakan untuk mengendalikan ikan buas.
    • Avisida, digunakan untuk meracuni burung perusak hasil pertanian.
    • Repelen, pestisida yang tidak bersifat membunuh, hanya mengusir hama.
    • Atratan, digunaka untuk menarik atau mengumpulkan serangga.
    • ZPT, digunakan untuk mengatur pertumbuhan tanaman yang efeknya bisa memacu pertumbuhan atau menekan pertumbuhannya.
    • Plat activator, digunakan untuk merangsang timbulnya kekebalan tumbuhan sehingga tahan terhadap penyakit tertentu.
  1. Sebutkan masing-masing formulasi pestisida dengan disertai penjelasan yang singkat?

OIL CONCENTRATE (OC) : Ini merupakan formulasi yang paling sederhana dan banyak dipakai pada insektisida rumah tangga.
EMULSIFIABLE CONCENTRATE (EC)Formulasi EC adalah formulasi yang sangat populer di kalangan pengendali hama.  Formulasi EC dibuat dengan menambahkan emulsifier pada campuran bahan aktif dan pelarut  agar dapat bercampur dengan air membentuk emulsi minyak dalam air yang berupa larutan putih seperti susu.

WETTABLE POWDER (WP) Cara pembuatan WP/WDP adalah dengan mencampurkan bahan teknis dengan pelarut padat (seperti bubuk talc) dengan cara dicelup (impregnating) maupun pelapisan luar (coating) dan ditambahkan wetting agent agar dapat bercampur dengan air.

 

  1. Jelaskan formulasi pestisida CS? Jelaskan kekurangan dan kelebihannya? Pestisida ini dapat dicampur dengan pestisida lain yang bereaksi : (a) Asam. (b) Alkalis.
  2. Sebutkan tiga (3) cara kerja pestisida secara umum?

Pestisida kontak; memiliki daya bunuh apabila organisme pengganggu terkena langsung oleh bahan aktif pestisida.

Pestisida sistemik; dapat ditranslokasikan oleh tanaman, sehingga hama akan mati setelah mengkonsumsi cairan jaringan tanaman tersebut.

Pestisida lambung atau perut; memiliki daya bunuh apabila sistem pencernaan terkena  oleh bahan aktif pestisida.

Pestisida pernafasan; memiliki daya bunuh apabila organisme system pernafasan organisme pengganggu terkena oleh bahan aktif pestisida.

 

  1. Sebutkan mekanisme pengaruh bahan aktif pestisida terhadap serangga hama?
  2. Sebutkan aksesoris pada kemasan pestisda? Label berisi kandungan bahan aktif dan tata cara serta dosis pemakaian
  3. Sebut dan jelaskan warna tabel pada kemasan pestisida beserta tingkat kelas bahaya dan simbolnya?
  4. Sebutkan pestisdia anorganik/sintetik yang Anda ketahui?

Sebut dan jelaskan dampak penggunaan pestisida yang kurang baik bagi manusia? Paparan pestisida dapat menyebabkan efek yang bervariasi, mulai dari iritasi pada kulit dan mata hingga efek yang lebih mematikan yang mempengaruhi kerja syaraf, mengganggu sistem hormon reproduksi, dan menyebabkan kanker.[37] Sebuah studi pada tahun 2007 pada limfoma non-Hodgkin dan leukimia menunjukan hubungan positif dengan paparan pestisida

  1. Jelaskan tentang faktor abiotik dan biotik!
  2. Bandingkan karakteristik agroekosistem dengan ekosistem!

dalam agroekosistem sumber energy tidak hanya terbatas pada sinar matahari, air dan nutrisi tanah, akan tetapi juga berasal dari sumber-sumber lain yang sudah dikonsolidasikan oleh manusia, seperti pupuk, pestisida, teknologi dan lain sebagainya. Hal lain yang membedakan adalah tingkat keanekaragaman hayati pada agroekosistem cenderung rendah, didominasi oleh varietas-varietas yang seragam, serta kontrol dikendalikan oleh faktor eksternal, dalam hal ini manusia, bukan oleh feedback system sebagaimana yang terjadi pada ekosistem alam

  1. Sebutkan dan jelaskan prinsip PHT!

Prinsip-prinsip PHT yang dijadikan dasar ada empat, yakni
(1) budidaya tanaman sehat,
(2) pelestarian dan pemanfaatan musuh alami,
(3) pengamatan/pemantauan lahan secara berkala (pengamatan rutin),
(4) petani sebagai ahli PHT di lahannya.

  1. Apa yang dimaksud air gutasi? Air yang keluar melalui ujung daun pada sore hari
  2. Apakah yang dimaksud OPT? sebutkan macam-macamnya!

semua organisme yang dapat menyebabkan penurunan potensi hasil yang secara langsung karena menimbulkan kerusakan fisik, gangguan fisiologi dan biokimia, atau kompetisi hara terhadap tanaman budidaya.

  1. Organisme (mikroorganisme/makroorganisme) yang menjadi musuh dari OPT disebut (musuh alami)
  2. Mikroorganisme yang menyebabkan penyakit pada serangga hama disebut pathogen
  3. Berikan contoh dari predator! (minimal 3)

Laba-laba, kumbang kubah spot m, capung

  1. Antagonis yang menghasilkan senyawa beracun atau mematikan pathogen tanaman disebut
  2. Sebutkan tipe mulut serangga beserta contoh!

Berikut adalah beberapa tipe mulut serangga :

1. Tipe mulut menggigit mengunyah

Terdiri dari sepasang bibir, organ penggiling untuk menyobek dan menghancur serta organ tipis sebagai penyobek. Makanan disobek kemudian dikunyah lalu ditelan. Serta struktural alat makan jenis ini terdiri dari :

Labrum, fungsinya untuk memasukkan makanan ke dalam rongga mulut.

Efifaring, fungsinya sebagai pengecap.

Mandibel, fungsinya untuk mengunyah, memotong dan melunakkan makanan

Maksila, alat bantu untuk mengambil makanan.

Labium, fungsinya untuk menutup/membuka mulut.

Gejala serangannya , ditemukan bagian tanaman yang hilang, oleh sebab dimakan, digerek atau digorok.

Contoh : ordo ortoptera, yaitu belalang.

2. Tipe mulut meraut dan menghisap

Menyerang jaringan dan mengakibatkan berwarna putih atau belang kemudian tanak mengerut.

Contoh : ordo hemiptera, yaitu kutu daun.

3. Tipe mulut menjilat menghisap

Pada mulut lalat (diptera), bahan pangan padat menjadi lembek dan buruk akibat ludah yang dikeluarkan hama ini untuk melunakkan makanan, kemudian baru dihisap.

Contohnya : ordo diptera, yaitu lalat.

4. Tipe mulut menghisap

Merupakan tipe yang khusus, yaitu labrum yang sangat kecil, dan maksila palpusnya berkembang tidak sempurna. Labium mempunyai palpus labial yang berambut lebat dan memiliki tiga segmen. Bagian alat mulut ini yang dianggap penting dalam tipe alat mulut ini adalah probosis yang dibentuk oleh maksila dan galea menjadi suatu tabung yang sangat memanjang dan menggulung.

Contohnya : Ordo Lepidoptera, yaitu ngengat dan kupu-kupu dewasa.

5. Tipe Mulu menusuk menghisap

Gejala serangan pada bagian tanaman akan ditemukan bekas tusukan silet yang akan menyebabkan terjadinya perubahan warna atau perubahan bentuk pada bagian tanaman yang diserang.

Contoh : ordo hemiptera, yaitu kepik

 

  1. Jaringan yang mengangkut air dari tanah yang mengandung mineral keseluruh bagian tanaman disebut (xylem dan floem)
  2. Sebutkan alat dan bahan yang digunakan pada praktikum “akar dan jaringan tanaman”!

Kangkung, pewarna makanan, air, gelas

100.Sebutkan perbedaan musuh alami dan competitor!

Musuh alami adalah organisme yang dapat memakan hama dan mematikan hama sehingga dapat menekan populasinya, namun competitor adalah hewan yang bersaing dengan hama dalam memperebutkan makanan.