browser icon
You are using an insecure version of your web browser. Please update your browser!
Using an outdated browser makes your computer unsafe. For a safer, faster, more enjoyable user experience, please update your browser today or try a newer browser.

Tugas PPT Pemuliaan Tanaman 2

Posted by on May 22, 2012

HADI SUSILO

115040213111030

Ir. SRI LESTARI P. M.S.

AGROEKOTEKNOLOGI / H

TUGAS PPT 2

 

PROGRAM STUDI AGROEKOTEKNOLOGI

FAKULTAS PERTANIAN

UNIVERSITAS BRAWIJAYA

MALANG

             2011

 

SOAL

  1. Bagaimana susunan genetik tanaman menyerbuk sendiri?
  2. Bagaimana pula susunan genetik tanaman menyerbuk silang?
  3. Mengapa susunan genetiknya berbeda?
  4. Mengapa suatu tanaman terjadi penyerbukan sendiri?
  5. Mengapa pula suatu tanaman terjadi penyerbukan silang?
  6. Cari pengertian dan contoh tipe bunga:

Cleistogamy, protogyni, protandri, chasmogami, heterogamy, homogami

JAWABAN

  1. Susunan genetik tanaman menyerbuk sendiri adalah homozigot, karena tanaman yg menyerbuk sendiri yang disilangkan heterozigotnya semakin berkurang, keragaman genetiknya terjadi penyerbukan sendiri terus menrus ,perubahan genetika terjadi pada masing-masing  pasangan. Selain itu alel selalu mengarah ke homozigositas, sehingga susunan genetik dalam tanaman semuanya sebagian besar bersifat homozigot.
  2. 2.      Susunan genetik tanaman menyerbuk silang adalah heterozigot, karena terdapat pencampuran sel kelamin dan juga dikarenakan Bunganya mempunyai struktur tertentu, misalnya tangkai putik lebih panjang daripada tangkai kepala sari atau sebaliknya.

Contoh : jagung, rye, apel, alpokat, pisang, ceri, anggur, mangga, pepaya, beberapa kacang-kacangan, asparagus, bit, kubis, wortel, seledri, sawi, bawang, brambang, bunga matahari, ketela pohon, ketela rambat dan semangka

 

  1. Susunan genetiknya berbeda karena tanaman yang menyerbuk sendiri melakuakan penyerbukan pada satu bunga saja sehingga susunan genetik  akan semakin homozigositas. Sedangkan pada tanaman yang menyerbuk silang seperti tanaman jagung,papaya,salak dll. Mereka melakukan proses penyerbukan dengan dua bunga. Hal ini akan memungkinkan susunan genetik pada tanaman yang menyerbuk silang akan heterozigot karena terdapat pencampuran sel kelamin.

 

  1. Suatu tanaman terjadi penyerbukan sendiri karena tanaman mempunyai sifat genetik, diantaranya  adalah kemampuan sel  kelamin  tanaman  untuk dapat bergabung sendiri pada pollen dapat tumbuh dikepala putik ,memanjang dan akhirnya membuahi sel  telur. Selain itu, tanaman dapat menyerbuk sendiri memiliki susunan morfologi yang memungkinkan pollen bersatu dengan stigma dan terhalangnnya pollen dari tanaman lain ke sel telur.  Selain itu juga  Penyerbukan sendiri terjadi karena sifat genetic dan susunan morfologi bunga. Sifat genetic yang dimaksud adalah kemampuan sel kelamin suatu tanaman untuk dapat bergabung dalam pembuahan (kompatibilitas). Sedangkan susunan morfologi bunga dikaitkan dengan susunan bunga yang dapat menghalangi masuknya tepungsari tanaman lain. Beberapa mekanisme bunga yang dapat menghalangi tepungsari lain adalah sebagai berikut.
    a. Bunga tidak membuka sebelum terjadi penyerbukan.
    b. Butir tepung sari luruh sebelum membuka.
    c. Benangsari dan putik ditutup oleh bagian bunga sesudah bunga membuka.
    d. Putik memanjang segera setelah tepungsari masak.
  2.  Suatu tanaman terjadi penyerbukan silang  karena terhalangnya pollen membuahi sel telur  pada tanaman atau bunga yang sama dan ciri  bunga yang mendukung terjadinya penyerbukan silang, diantaranya adalah pollen dan seltelur yang berbeda waktu masak, inkompabilitas alat kelamin  dan bunga monoeceous dan dioeceous. Dan  juga  Penyerbukan silang terjadi apabila serbuk sari dari suatu tumbuhan jatuh pada kepala putik bunga tumbuhan lainnya yang sejenis, contohnya pada tanaman padi dan jagung.

 

  1. a. Kleistogami

Cleistogamy atau Penyerbukan tertutup  adalah
terjadi jika putik diserbuki oleh serbuk sari dari bunga yang sama.

Dapat  disebabkan oleh :
• Putik dan serbuk sari masak sebelum terjadinya anthesis (bunga mekar)
• Konstruksi bunga menghalangi terjadinya penyerbukan silang (dari luar)

Contoh tipe bunga kleistogamy : familia Papilionaceae (leguminoceae) kacang kacangan.

 

b. Protogyni

adalah bunga yang putiknya masak  terlebih dahulu daripada benang sari.

Contoh tipe bunga poligini adalah : bunga kakao (Theobroma cacao L.), kubis (Brassica olleracea L var. capicata), Bunga Bit (Beta vulgaris L.), bunga alpukat (Persea  americana Miller)

 

c. Protoandri

adalah bunga yang benang sarinya dulu lebih masak  daripada putik.

Contoh tipe bunga protoandri adalah : bunga tanaman seledri (Apium graveolens L.), bunga wortel (Daucus carota L.), bunga bawang Bombay (alium cepa L.)

 

d. Casmogami

adalah penyerbukan terbuka terjadi jika putik diserbuki oleh serbuk sari  dari bunga yang berbeda. Hal ini dapat terjadi jika putik dan serbuk sari masak setelah terjadinya anthesis(bunga mekar).

Contoh : tipe bunga chasmogami ada  dikogami,herkogami,heterostili,tipe bunga pollinator,agen pembantu penyerbukan dialam,agen biotik, dan agen abiotic.

e. Heterogami

adalah penyerbukan yang terjadi antara gamet satu dan gamet lainnya yang berbeda, karena terjadi peleburan antar keduanya.

Contoh : tipe apomixi,dan tipe amphimixi

 

f. Homogami

adalah suatu kondisi dimana benang sari  dan kepala putik biseksual  tersebut masak pada waktu yang bersamaan.

Contoh ; tipe bunga tanaman yang menyerbuk sendiri   serta  tipe bunga  tanaman yang menyerbuk silang.