Kiat tentang cara Menjaga Dapur Anda Tetap Aman

Dapur adalah tempat kita menghabiskan sebagian besar waktu kita ketika kita berada di rumah. Baik kita sedang menyiapkan makanan, menyajikan makanan atau bahkan makan di sana, terutama sarapan. Tidak ada keraguan bahwa itu adalah salah satu kamar tersibuk di rumah. Sayangnya dapur juga bisa menjadi salah satu ruangan yang paling berbahaya. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk menjaga dapur Anda tetap aman untuk Anda dan keluarga.

1.Miliki Denah Lantai yang Aman

Desain dapur Anda sesuai dengan lantai lalu lintas. Rancang dapur Anda sedemikian rupa sehingga tidak ada lalu lintas di area memasak tempat kompor berada. Letakkan barang-barang yang Anda butuhkan untuk memasak di dekat kompor untuk menghindari membawa barang panas dan tumpahan. Bersihkan pintu masuk/keberadaan Anda dari segala jenis penghalang. Sisakan ruang untuk membuka pintu lemari. Misalnya, tidak memiliki pintu lemari yang terbuka ke arah pintu masuk atau keluar.

2. Pencahayaan yang Tepat

Dapur Anda harus memiliki pencahayaan yang baik setiap saat apakah cahaya alami atau cahaya buatan, sebaiknya lampu LED yang sangat efisien untuk memastikan cahaya di dapur Anda sangat baik. Pencahayaan yang tepat membantu Anda melihat sesuatu dengan jelas dan mencegah banyak kecelakaan terutama saat menggunakan benda tajam atau bahkan hanya bergerak di sekitar dapur. Anda juga dapat melengkapi pencahayaan dengan lampu tugas khusus yang berfokus pada tempat kerja tertentu seperti area kompor yang dapat Anda lihat dengan jelas saat Anda memasak. Semua lampu yang digunakan di dapur harus bebas silau untuk alasan keamanan.

3. Kebersihan

Jaga dapur Anda bersih dari kekacauan yang tidak perlu saat Anda bekerja. Bersihkan lantai dapur Anda dengan sabun dan air hangat untuk menghilangkan minyak dari lantai agar tidak tergelincir. Pastikan lantai dapur Anda selalu kering. Buang sampah dan periksa tanggal kadaluwarsa bahan makanan sesering mungkin. Lakukan pembersihan mendalam secara teratur untuk dapur Anda sesering mungkin terutama di meja dan kompor dan oven untuk mencegah kebakaran minyak.

4. Pasang Lantai Non-slip

Untuk dapur Anda pilihlah lantai yang anti slip. Lantai dapur rentan terhadap basah dan tumpahan minyak di atasnya dan membuatnya sangat licin dan bisa sangat berbahaya. Carilah lantai yang tidak licin seperti kayu dengan finishing matte, vinyl bertekstur lembut atau ubin keramik berlapis lembut. Jika dapur Anda sudah memiliki ubin biasa, Anda dapat menggunakan permadani yang memiliki bahan anti selip di bagian belakang terutama di tempat-tempat yang rawan basah seperti area wastafel dan di samping kompor karena cipratan air saat Anda memasak.

5. Tingkatkan Keamanan Kebakaran Anda

Mulailah dengan area khusus untuk menyimpan peralatan keselamatan kebakaran Anda yang dapat diakses oleh semua orang di rumah. Dapatkan peralatan keselamatan kebakaran seperti pemadam api ramah pengguna yang baik dan selimut api jika terjadi kebakaran lipatan. Letakkan semua barang yang mudah terbakar seperti buku masak, handuk dapur, jauh dari api. Jangan tinggalkan panci di atas kompor tanpa pengawasan. Jika minyak Anda terlalu panas, angkat dari kompor dengan hati-hati. Jika Anda memasukkan setiap tangkapan, tutupi dengan selimut api untuk menghentikan api. Jangan pernah mencoba menyiramnya dengan air hanya akan memperburuk api.

Pasang detektor asap yang baik di dapur. Mereka sangat penting, mereka akan membantu mencegah banyak kebakaran. Hal lain adalah untuk melatih semua orang bagaimana menangani keadaan darurat kebakaran dan bagaimana menggunakan keselamatan kebakaran. peralatan. Lakukan latihan kebakaran sesekali dengan keluarga Anda untuk membuat Anda siap jika terjadi apa-apa.

6. Keamanan Listrik

Listrik adalah salah satu hal yang paling berbahaya di dapur namun sangat diperlukan. Anda harus berhati-hati saat menangani listrik di dapur. Dapat menyebabkan kebakaran dan sengatan listrik yang dapat berakibat fatal. Untuk amannya, semua sakelar dan colokan listrik jauhkan dari sumber air. Sebagian besar perusahaan switchgear seperti elecspare.com memasang switch gear di dapur karena penggunaan listrik yang berat dan kemungkinan kebakaran yang lebih tinggi daripada ruangan lain di rumah. Jika girboks sakelar ada di dapur, pastikan bebas dari rintangan apa pun dan dapat dilihat dengan jelas. Hindari menyentuh sakelar listrik dengan tangan basah agar Anda tidak tersengat listrik. Hindari soket yang kelebihan beban. Dan matikan semua peralatan listrik saat tidak digunakan.

7. Buktikan Dapur Anda kepada Anak

Singkirkan sudut tajam di meja dapur dan pulau dapur; mereka bisa berbahaya terutama untuk anak-anak. Karena tinggi badan anak-anak dan sejujurnya anak-anak selalu berlari, saya tidak tahu kenapa. Mereka bisa menabrak sudut tajam meja dan melukai diri mereka sendiri.

Baca: Kiat tentang cara Menjaga Dapur Anda Tetap Aman

Jauhkan semua peralatan tajam, obat-obatan, bahan kimia, dan apa pun yang dapat berbahaya bagi anak-anak dari jangkauan, sebaiknya di lemari yang terkunci. Letakkan barang-barang yang dibutuhkan anak-anak misalnya makanan ringan di tempat yang mudah dijangkau sehingga mereka tidak perlu menarik atau memanjat untuk meraih keselamatan anak-anak. Microwave harus diletakkan pada ketinggian yang tidak perlu mengeluarkan makanan. Anda tidak dapat menjauhkan anak-anak dari dapur dan melatih mereka tentang cara menggunakan peralatan di dapur untuk menghindari kecelakaan.

Kesimpulan

Agar semua hal ini berhasil, Anda perlu melibatkan seluruh keluarga dan semua orang yang tinggal di rumah itu. Jelaskan kepada mereka pentingnya keselamatan di dapur. Ikuti terus kondisi peralatan Anda. Periksa kode dan peralatan Anda untuk kerusakan dan perbaikan segera setelah Anda menemukannya.

Posted in Uncategorized by Abdullah fachri at January 7th, 2022.
Tags: , , ,