Cara Menjadi Penulis Artikel Lepas Untuk Pemula

Cara Menjadi Penulis Artikel Lepas Untuk Pemula

Sekarang, menulis bukan hanya bisa dijadikan sebagai sebuah hobi tapi juga bisa dijadikan sebagai pekerjaan. Yap, itulah penulis artikel lepas. Penulis artikel lepas adalah seorang penulis artikel yang tidak terkait dengan perusahaan atau organisasi apapun.

Jadi ia akan berbisnis atas nama sendiri, namun menghasilkan karya untuk orang lain. Berbeda dengan penulis artikel yang bekerja untuk dirinya sendiri ataupun sebuah perusahaan.

Jika kamu memiliki hobi dan kemampuan menulis, penulis artikel lepas adalah bisnis online yang tepat untuk kamu. Dengan menjadi penulis artikel, kamu dapat menyalurkan ide dan hobi menulis sekaligus mendapatkan banyak uang.

Mengapa menulis artikel saja dibayar? Banyak orang yang meremehkan kemampuan menulis, namun kenyataannya tidak semua orang bisa menjadi penulis yang baik dan menghasilkan tulisan yang berkualitas.

Bila kamu sedang mencari pekerjaan sampingan, apapun status kamu baik itu pelajar, mahasiswa, ibu rumah tangga ataupun sudah memiliki pekerjaan. Saya katakan sekali lagi, ini adalah bisnis online yang cocok untuk kamu!

Mengapa? Karena kamu tidak dituntut untuk menyelesaikan tulisan dalam deadline. Kamu hanya akan menulis artikel untuk orang lain dalam waktu yang telah disepakati, pekerjaan ini pun bisa dilakukan saat waktu senggang.

Keuntungan menjadi penulis artikel lepas

Keuntungan menjadi penulis artikel lepas

Bisa dikerjakan dimana saja

Berbeda dengan penulis artikel biasa yang mengharuskan kamu hadir di kantor dan bekerja sesuai dengan aturan. Jika kamu menjadi penulis artikel lepas, menulis artikel bisa dilakukan dimana saja seperti di rumah, cafe, kamar ataupun hotel.

Kamu bisa menikmati kenyamanan menulis artikel dan menikmati secangkir kopi dan cemilan untuk menemani kegiatan menulis kamu.

Bisa dikerjakan di waktu luang

Mirip seperti yang saya bilang diatas, kamu tidak harus hadir ke kantor dan memiliki jam kerja sesuai aturan. Dengan menjadi membuka jasa penulis artikel, kamu bisa menentukan sendiri kapan harus menulis dan kapan harus melakukan aktivitas lain.

Ini merupakan bisnis online yang cocok untuk pekerjaan sampingan sekaligus menyalurkan hobi juga kamu memilikinya. Misalnya kamu ada kegiatan di pagi hari seperti bekerja di kantor, maka selepas bekerja kamu bisa memulai menulis artikel sambil menikmati suguhan kopi hangat.

Penghasilan yang lumayan besar

Sebenarnya untuk penghasilan sendiri dapat dikatakan lumayan besar apabila kamu mengerjakan banyak artikel atau mengerjakan artikel dalam banyak kata. Dan untuk harga sendiri biasanya juga ditentukan melalui kualitas tulisan yang dihasilkan.

Beberapa perusahaan seperti ucnews juga memberikan bonus terhadap penulis apabila tulisan yang dihasilkan menarik dan dibaca oleh banyak orang.

Melatih kreatifitas dan kemampuan berbahasa

Dengan menjadi seorang penulis, kamu bisa melatih kreatifitas dan kemampuan berbahasa kamu. Karena sebagai seorang penulis, kita diwajibkan untuk membuat artikel yang berkualitas dan pandai merangkai kata kata agar orang lain dapat mengerti isi tulisan kamu.

Cara penyampaian seorang penulis terhadap pembaca itu juga butuh skill, tidak semua orang bisa melakukannya. Ibarat seorang guru yang mengajar muridnya, apabila guru itu memang paham dan menguasai cara mengajar maka muridnya pun bisa memahaminya dengan baik.

Mendapatkan popularitas

Banyak penulis yang mendapatkan popularitas dari karya tulisnya, contoh saja mas sugeng. Ia adalah seorang blogger yang sudah menjadi panutan banyak orang, termasuk saya sendiri yang sudah memulai blogging sejak 2012.

Masih ragu untuk menjadi penulis artikel lepas? Kalo sudah yakin, kita beranjak kebawah.

Cara membuka jasa penulis artikel

Cara membuka jasa penulis artikel

Banyak membaca

Loh, orang mau jadi penulis kok malah disuruh membaca? Yap, membaca. Dengan membaca kamu bisa mendapatkan banyak referensi dan ide tulisan untuk artikel kamu nantinya.

Selain itu, membaca pun bisa menambah pengetahuan kosa kata dan merangkai kata yang tentunya nanti berguna untuk penulis. Kamu juga bisa mencontoh gaya penulisan orang lain, dan memadukannya dengan gaya tulisan sendiri.

Berlatih menulis

Setelah membaca, hal yang perlu dilakukan selanjutnya adalah berlatih menulis. Ini adalah hal yang sangat penting, untuk menciptakan artikel yang berkualitas penulis harus banyak berlatih. Mulai dari penggunaan tata bahasa, tanda baca dan cara penyampaian terhadap pun harus diperhatikan.

Selain itu, berlatih menulis juga bisa menambah kreativitas seseorang. Untuk berlatih menulis, kamu bisa menggunakan blog pribadi atau menggunakan pengolah kata seperti word. Setelah itu, mintalah teman atau orang lain untuk menilai hasil karya tulis kamu.

Mulai menulis untuk orang lain

Disaat kamu sudah siap untuk menerbitkan artikel, dan sudah yakin mengenai tulisan kamu. Kamu bisa memulai menulis artikel untuk orang lain, bisa lewat perantara seperti:

Atau bisa juga langsung mempromosikan diri untuk menjadi seorang penulis.