browser icon
You are using an insecure version of your web browser. Please update your browser!
Using an outdated browser makes your computer unsafe. For a safer, faster, more enjoyable user experience, please update your browser today or try a newer browser.

STP (Segmenting, Targeting, dan Positioning) Produk Mie Sedap

Posted by on 22 October 2012

Nama : Anas Abdillah

NIM : 115101001111018

MATA KULIAH : MANAJEMEN PEMASARAN

KELAS : I

DOSEN : IAD

 

STP (Segmenting, Targeting, dan Positioning) Produk Mie Sedap

 

Segmenting

Produk Mie Sedap ini ada dengan segmentasi yang sudah terencana melihat dari kebiasaan masyarakat indonesia dalam mengkonsumsi mie instan selama ini dan ditentukan juga beberapa spesifikasi segmen pasar:

  • Geografi
  1. Wilayah

Kebanyakan produk-produk mie instan khususnya Mie Sedap  cocok untuk seluruh daerah di Indonesia, karena mie instant sesuai untuk daerah dataran tinggi maupun rendah. Bahkan ada beberapa produk mie sedap yang sudah memiliki pasar di luar negri, artinya produk mie tersebut cocok bagi segala keadaan geografis apapun.

  1. Kepadatan

Kepadatan penduduk di indonesia merupakan pasar tersendiri bagi Rasa mie kerena penduduk didaerah padat (di kota) identik dengan kesibukan yang tinggi sehingga membutuhkan produk yang praktis dan tidak memekan waktu yang banyak.

 

 

 

 

  • Demografis
  1. Usia

Masyarakat yang menjadi segmen dari mie instan bila di lihat dari demografis usia adalah anak-anak berumur 2 tahun hingga lanjut usia bisa mengkonsumsi mie instan. Produk ini lebih cocok dikonsumsi oleh orang dewasa yang membutuhkan kepraktisan dalam memasak .

  1. Agama

Rasa Mie Sedap tersebut cocok bagi semua agama yang ada di Indonesia termasuk agama islam, sebab semua produk tersebut sudah melalui pemeriksaan oleh tim MUI yang memberikan sertifikat HALAL bagi mie-mie tersebut. Jadi sudah tidak ada masalah lagi bagi semua agama.

  1. Kelas sosial

Rasa mie  sedap ini ditujukan bagi masyarakat kelas menengah ke bawah,namun dalam kehidupan realita masyarakat semua kelas sosial mengkonsumsi makanan ini.

  • Psikografis

Produk dari Mie Sedap tidak memiliki ciri khusus untuk segmentasi psikografis. Mie Sedap ditujukan bagi masyarakat yang memiliki gaya hidup praktis.

 

Targeting

Dari iklan akhir-akhir ini, dapat kita ketahui bahwa target pasar dari mie sedap adalah lebih kepada anak-anak dan keluarga. Target pasar ini sudah sesuai dilihat dari kesenangan anak-anak zaman sekarang mengkonsumsi mie instan. Anak-anak juga dianggap sebagai penentu keputusan pembelian rumah tangga dalam hal selera makanan. Dengan dibuatnya iklan lucu dan menarik itu, diharapkan anak-anak akan selalu ingin mengkonsumsi Mie Sedap Rasa Ayam Spesial.

Akan tetapi Mie Sedap di sini berusaha mendapatkan hati para kosumen mie instan sebanyak mungkin untuk menjadi pemenang dalam perang antara merk pada industri mie instan di pasar. Target mereka pada umumnya adalah masyarakat menegah dan bawah.

Positioning

Produk Mie Sedap milik PT Sayap Mas Utama yang merupakan grup dari kelompok Wings. disini memposisikan diri sebagai market leader, meski produk ini baru diluncurkan pada Mei 2003 dan baru didistribusikan di Pulau Jawa dan Bali, namun namanya sudah mulai diperbincangkan di kalangan pembeli berbagai daerah lainnya. Dalam waktu yang relatif tidak terlalu lama merek ini telah mampu menjadi jagoan dalam meraih The Most Valuable Brand tahun 2004. Bertengger di posisi kedua dengan meraih Brand Value 95 dibawah Indomie, dinilai dari segi top of mind dan brand sharenya pun Mie Sedaap tetap unggul.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>